Keunikan Objek Wisata Jembatan Akar di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

0
742

Terdapat banyak sekali keunikan tempat dan objek wisata yang berada di Indonesia yang banyak menuai decak kagum orang-orang yang berasal bukan hanya dari kita sebagai bagian dari warga negara republik ini, namun juga masyarakat luar negeri yang begitu menyimpan kekaguman akan keindahan dan keunikan tempat dan objek wisata di negara kita tercinta Indonesia. Orang luar negeri pun banyak yang dibuat penasaran dan akhirnya banyak diantara mereka yang memutuskan untuk melakukan petualangan dan menjelajah lebih dalam lagi keindahan dan keunikan tempat di Indonesia.

Satu tempat wisata yang memiliki keunikan tersebut adalah sebuah jembatan akar yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki nilai keunikan dan sejarah yang menarik. Jembatan Akar sesuai dengan penyematan namanya, memang jembatan tersebut terbuat dari akar yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat dijadikan akses dan memenuhi fungsi sebagai sebuah jembatan pada umumnya. Jembatan akar yang unik ini dirangkai dari dua jenis pohon yang masing-masing tumbuh diantara sungai. Pohon yang dirangkai menjadi jambatan ini adalah pohon kubang yang banyak tumbuh di sekitar sungai tempat jembatan akar tersebut dibuat.

Apabila kita menelisik lebih dalam lagi, jembatan akar ini sudah berumur tua yaitu sudah mencapai sekitar 100 tahun. Menurut cerita jembatan akar ini dirancang oleh seseorang yang bernama Pakih Sohan yang merupakan seorang ulama. Pembangunan jembatan akar membutuhkan waktu kurang lebih selama 26 tahun lamanya untuk sampai bisa digunakan masyarakat kedua kampung yang dipisahkan oleh sungai tersebut sebagai akses menyebrangi sungai. Pembangunan jembatan unik ini dimulai bersama masyarakat setempat dari tahun 1890 dan rampung pada tahun 1916.

Jika kita memperhatikan saat mengunjungi jembatan akar ini, bahwa panjang jembatan unik ini kurang lebih sekitar 25 meter dan merupakan salah satu jembatan akar terpanjang. Panjang jembatan akar yang berada di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang sama yang berada di Badui dan di Jepang. Pembanguna jembatan yang dibuat dari material yang berbeda ini sungguh menjadi suatu keunikan tersendiri yang tidak sedikit menuai kekaguman dari kita para wisatawan yang mengunjunginya. Jembatan ini walaupun sudah berumur tua namun kekuatannya semakin kuat berbeda dengan jembatan yang terbuat dari bahan semen dan material biasanya yang semakin berumur semakin berkurang kekuatannya.

Objek wisata jembatan akar ini terletak Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Tempat ini berjarak sekitar 88 kilometer dari pusat kota Padang ke bagian selatan. Kita dapat menikmati keindahan jembatan akar ini sambil menikmati hidangan yang dibawa bersama keluarga di sekitar pohon rindang yang terdapat di sekitar jembatan akar ini. Suasana keindahan alami dan udara yang terasa menyejukkan akan kita rasakan saat berada di tempat ini. Suasana tersebut semakin menambah kedekatan kita dengan alam sekitar yang harus tetap kita lestarikan.

Fasilitas yang telah di sediakan di objek wisata jembatan akar ini adalah seperti sudah tersedianya warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan sebagai teman saat kita berwisata dan berpetualang di tempat ini. Bagi kita yang ingin lebih lama lagi menelusuri tempat wisata ini dapat menginap di hotel dan resort yang tersedia di sekitar Kota Painan yang letaknya memang tak jauh dari tempat wisata ini. Akses jalannya pun bagi kita yang ingin mengunjungi tempat ini sudah cukup baik dan dapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewaan, maupun dengan mode transportasi umum. Rasa enjoylah yang akan menghampiri kita saat mengunjungi tempat wisata jembatan akar ini.