Kerajaan di Bawah Danau Qiandao China

0
1961

Yang paling Lazim adalah sebuah pulau yang banyak dan berjajar layaknya sebuah barisan yang tentunya tidak rapi seperti baris berbaris, berada di atas laut ataupun di dekat pesisir pantai. Namun bagaimana jika pulau yang berjajar itu dan jumlah yang juga sangat banyak terdapat di sebuah danau yang sangat luas? Tentunya mempunyai keunikan tersendiri yang mempesona dan indah. Danau Qiandao salah satu tempat wisata di China yang mempunyai banyak sekali pulau, disana tercatat ada 1.078 pulau yang berjajar diatas danau. Berlokasi di Zhejiang yang jaraknya 150 km dari Hangzhou, danau ini merupakan danau buatan yang berfungsi untuk sebuah stasiun tenaga air dari aliran sungai Xin’an. Sebutan danau ini penduduk lokal biasa menyebutnya sebagai danau seribu pulau.

Banyak sekali wisatawan yang bekunjung untuk melihat pulau-pulau tersebut dan pulau tersebut setiap pulaunya mempunyai nama yang cukup unik, diberi nama nama-nama hewan seperti pulau kera, pulau burung, pulau kuda, pulau singa, dan lain sebagainya. Sejarah pada danau Qiandao ini dulunya sekitar 1.300 tahun silam terdapat 2 kota besar berbentuk sebuah kerajaan yang tenggelam akibat benjir besar. Yaitu kota Shi Cheng dan Die Cheng yang fungsinya sebagai pusat bisnis di sepanjang sungai xin’an.

Nah letak yang sangat menakjubkannya ada pada 2 kota kuno yang tenggelam ini, ternyata masih terlihat bangunan yang begitu utuh dengan khas kota kunonya. Dicatat dalam sejarah bahwa kota kuno ini tenggelam pada tahun 1959 dan selama 40 tahun kota ini berada dibawah danau. Pada tahun 2001 dari pihak pemerintah telah menerjunkan banyak penyelam untuk menemukan kota kuno tersebut. Alhasil terlihatlah sebuah kota berbau kerajaan yang pada pintu gerbangnya pun terlihat sebuah ukiran patung seperti ukiran kepala singa, jika lebih dalam lagi untuk melakukan penyelaman tentu akan terlihat bangunan utuh lainnya seperti tangga dan uniknya lagi banyak yang menyentuh bangunan tersebut untuk memastikan keasliannya. Benar-benar seperti melihat kerajaan di dalam danau yang sudah mati dan sangat menakjubkan.

tempat wisata di China memang selalu membuat kesan yang tidak akan pernah bisa untuk dilupakan begitu saja karena selain nilai sejarah yang tinggi juga mempunyai karya seni dunia yang melegenda.