Kenikmatan Berwisata ke Danau Ulak Lia yang Masih Terjaga Keasriannya

0
439

Berwisata alam adalah hal sangat menyenangkan. Berwisata alam dapat membuat kita semakin meresapi akan besarnya kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan lukisan keindahan alam yang begitu tergores sempurna. Berwisata alam dapat menjadi pilihan kita untuk sekedar menjernihkan kembali fikiran dari berbagai kepenatan yang melanda otak. Apalagi melakukan wisata alam seperti di negara kita tercinta Indonesia sangatlah mudah untuk dilakukan karena Indonesia dianugerahi keindahan panorama alam yang sungguh luar biasa dan juga kekayaan yang begitu melimpah.

Bagi kita yang tinggal di Pulau Sumatera, khususnya di Muara Enim ada satu tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam mempesona dan tampak begitu menawan. Tempat wisata tersebut adalah Danau Ulak Lia yang menyimpan mitos atau ledenda sendiri di balik keindahan tempatnya. Menurut cerita di Danau Ulak Lia ini pernah terjadi suatu peristiwa yang telah menjadi legenda yaitu peristiwa tenggelamnya seorang anak perempuan karena terhisap oleh pusaran air yang tengah terjadi di Danau Ulak Lia.

Dibalik legenda yang membayangi danau ini, tempat wisata alam di Muara Enim ini sungguh akan membuat pandangan kita terasa selalu dimanjakan. Rindangnya pepohonan yang terdapat di sekitar Danau Ulak Lia ini akan membuat kita yang mengunjunginya terasa begitu nyaman karena udara sangat begitu sejuknya. Walaupun kita berjalan-jalan menyusuri Danau Ulak Lia ini saat matahari tengah teriknya dengan banyaknya pohon rindang di sekitar danau ini takkan membuat kita terlalu kepanasan.

Kita dapat menyaksikan keindahan dan keunikan Danau Ulak Lia ini yang berbentuk seperti tapal kuda. Air Danau Ulak Lia terlihat bagitu jernih dan terasa begitu menyejukkan pandangan. Kita akan menyaksikan tempat wisata alam yang sangat masih terjaga akan kelestariaanya sehingga sangat cocok bagi kita yang menginginkan susasana ketenangan. Danau Ulak Lia di Muara Enim ini memang masih belum dikelola dan dieksplorasi secara maksimal. Namun sudah terdapat beberapa fasilitas yang tersedia yang bisa kita nikmati saat berada di Danau Ulak Lia dan tak akan mengurangi keceriaan suasana liburan ke danau cantik ini.

Objek wisata alam ini letaknya tak jauh juga dari Kota Sekayu. Sehingga bagi kita yang ingin menginap yang letaknya tak jauh dari lokasi Danau Ulak Lia ini, kita dapat menyewa penginapan yang telah tersedia di Kota Sekayu tersebut. Penginapan di Kota Sekayu kebanyakan berupa wisma dan losmen. Namun terdapat juga sebuah hotel berbintang tiga di kota Sekayu yang bisa kita sewa untuk tempat bermalam jika kita tak berminat bermalam di wisma atau losmen. Namun kita harus siap dengan harga sewa yang cukup mahal karena hotel berbintang tiga ini merupakan hotel satu-satunya di Kota Sekayu. Harga menginap permalamnya di hotel berbintang tiga ini berkisar antara Rp.450.000 – Rp.950.000 untuk harga yang paling mahal. Namun kita bisa menikmati fasilitas yang tersedia di hotel ini yaitu seperti Cala Lounge Bar, Tempat karaoke, coffee shop dan juga ruang rapat yang luas. Tak akan rugi jika kita melakukan kegiatan berwisata ke Danau Ulak Lia yang masih tampak asri tersebut.