Keindahan dan Kedahsyatan Kawah Ijen di Jawa Timur yang Juga Menjadi Tumpuan Hidup Para Penambang Belerang

0
1114

Indonesia negeri dengan anugarah panorama alam yang luar biasa dahsyat dan indahnya, menjadikan negara kepulauan ini begitu menawan dan selalu menjadi perhatian dunia. Sumber daya dan limpahan hasil alamnya menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai peran penting dalam kehidupan pergaulan antar bangsa di dunia. Keindahan alamnya yang mempesona menjadikan begitu banyak tempat indah yang begitu menarik mata dan banyak diantaranya yang menjadi tempat dan kawasan wisata yang begitu dikenal dan populer sehingga banyak dikunjungi orang dari berbagai penjuru.

Tak akan pernah bosan rasanya menikmati dan menjelajahi keindahan pemandangan alam di Indonesia. Begitu banyak ragam dan jenis daerah wisata yang dapat dijadikan sebagai destinasi tempat liburan yang tentunya sungguh menyenangkan. Wisata alamnya maupun wisata budayanya membuat orang-orang yang berada di negeri eksotis ini tak ingin cepat-cepat pergi dan begitu merasa nyaman dan betah di negeri berpanorama indah ini. Satu tempat menarik yang akan menyuguhkan petualangan yang berbeda adalah berwisata ke Kawah Ijen yang terkenal dengan pemandangan api birunya saat malam hari yang berasal dari belerangnya.

Kawah Ijen ini memang berada di Gunung Ijen yang memiliki tinggi sekitar 2.368 meter dpl. Gunung Ijen ini terletak di Kec. Licin, Kab. Banyuwangi dan Kec. Klobang, Kab. Bondowoso. Gunung Ijen ini merupakan salah satu rangkaian gunung berapi yang berada di Jawa Timur bersama Gunung Semeru, Bromo, dan Merapi. Gunung Ijen yang masih aktih ini begitu kaya dengan belerang yang banyak digunakan untuk keperluan industri sehingga kawasan kawah Gunung Ijen ini banyak di jumpai pemandangan orang-orang yang hilir mudik mengambil dan menambang belerang secara tradisional.

Berwisata ke Kawah Ijen sungguh akan menjadi suatu petualangan yang tak akan pernah dan sulit dilupakan. Pemandangan alami yang begitu jelas tergurat membuat pengunjung yang berwisata ke Kawah Ijen ini akan terasa begitu dimanjakan dan membuat hari yang dilalui terasa begitu berwarna indah. Panorama di kawah saat matahari mulai menyingsing membuat keindahan yang memancarkan kilauan hijau toska tersebut sungguh menawan dan luar biasa dan pengunjung dapat mengabadikan moment keindahan tersebut bersama rekan-rekan sejati sebagai suatu kenangan yang tak akan lekang oleh waktu. Pengunjung dapat melihat pemandangan air Kawah Ijen ini yang berwarna hijau kebiruan yang sungguh menggoda. Namun pengunjung dilarang untuk menuruni Kawah Ijen tersebut karena kawah yang memilki volume air sekitar 200 juta meter kubik tersebut memiliki tingkat kepanasan mencapai 2000C sehingga akan sangat membahayakan bagi yang mendekati air kawah ini. Kawah yang menawan ini dapat melarutkan pakaian bahkan tubuh manusia dengan begitu cepatnya disebabkan karena tingkat keasaman Kawah Ijen ini sangat tinggi hampir mendekati nol.

Kondisi tersebut menjadikan kawah yang berada di Jawa Timur ini sebagai kawah yang mempunyai tingkat keasaman tertinggi di dunia. Kawah Ijen ini luasnya sekitar 5.466 hektare dengan dinding kaldera setinggi 300 – 500 meter. Kawah di tengah kaldera itu adlah kawah terluas yang terletak di Pulau Jawa. Sungguh suatu kawah yang mempesona dan begitu menakjubkan.