Keindahan Alami Curug Cigumawang Serang, Banten

0
1258

Curug Cigumawang merupakan salah satu onjek wisata alam yang terletak di Desa Kedu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kab. Serang, Banten. Curug Cigumawang merupakan tempat yang menawarkan keindahan alam yang mampu membuat setiap orang yang memandangnya terpesona. Keindahan curug atau air terjunnya seolah dapat menenangkan hati yang sedang dilanda rasa amarah dan gelisah dan berganti dengan perasaan yang membawa ketenangan dan kedamaian. Nama Curug Cigumawang di Banten ini berasal dari bahasa Sunda yang dapat diartikan sebagai air terjun yang memiliki jatuhan air kemudian jatuhan air tersebut membentuk atau menyerupai seperti bawang.

Curug Cigumawang ini sumber airnya berasal dari Gunung Buntu. Bila dilihat lebih teliti lagi, pada pusat sumber mata air ini dapat dijumpai sebuah batu besar yang menutupi sumber air yang mengalirkan air ke Curug Cigumawang tersebut. Akibat tertutup batu besar tersebut maka menghasilkan aliran air baru yang terlihat sebagai sungai kecil dan mengalir di sebelah kanan Curug Cigumawang. Lokasi curug atau air terjun ini sangat cocok bagi mereka yang suka atau hobi dengan olahraga panjat tebing, kegiatan berkemah, ataupun outbond yang cukup meningkatkan adrenalin pelakunya.

Air Curug Cigumawang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak heran banyak sekali orang yang mandi di air curug alami ini. Satu hal unik lagi yang berhubungan dengan Curug Cigumawang ini adalah bagi mereka yang berpacaran di Curug Cigumawang Serang Banten ini maka hubungan mereka bisa berlanjut sampai tahap pernikahan. Mengunjungi curug yang terlihat indah dan mempesona tersebut dapat menjadi altrenatif untuk mengisi waktu liburan dengan pertimbangan biaya yang hemat. Tlket masuk bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini hanya sebesar Rp.2.500 saja per orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, umumnya sebesar Rp.3.000 karena sampai saat ini belum ada aturan resmi mengenai biaya parkir kendaraan di objek wisata Curug Cigumawang ini.

Di Curug Cigumawang ini sudah terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung yang datang ke tempat ini. Beberapa fasilitas tersebut seperti mushola, warung, ruang ganti, bumi perkemahan, dan juga toilet. Namun sayangnya fasilitas yang tersedia tersebut kurang terpelihara dan terawat dengan baik sehingga tampak kurang enak dipandang mata. Bila pengunjung berasal dari Kota Serang dapat menempuh ke tempat wisata ini kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Pengunjung dapat menggunakan mode transportasi umum maupun dengan kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata alam ini. Namun sayangnya akses atau jalur jalan menuju tempat wisata ini masih harus banyak diperbaiki lagi demi kenyamanan pengunjung yang datang.