Keeksotisan dan Kealamian Danau Dendam Tak Sudah yang Begitu Damai

Berwisata alam di Bengkulu salah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Bengkulu memang dianugerahi dengan keindahan alam berpanorama alam indah yang dapat menjadi potensi wisata dan dapat menjaring begitu banyak wisatawan. Walaupun tempat wisata di Bengkulu namanya mungkin masih terasa asing di pendengaran, namun keindahan tempat yang ditampilkan, tidak kalah indah dan cantiknya dari tempat wisata yang namanya sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Jika anda berkesempatan melancong ke daerah Bengkulu, anda dapat mencoba melakukan petualangan wisata yang mengasyikan ke Danau Dendam Tak Sudah. Danau yang mempunyai nama yang terdengar unik tersebut memang merupakan salah satu tempat wisata di Bengkulu yang ramai dikunjungi oleh para turis dari berbagai daerah. Danau Dendam Tak Sudah adalah sebuah danau yang dikelilingi olehg bukit-bukit yang menghijau dan termasuk kawasan cagar alam dengan potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem yang tersimpan begitu banyaknya. Danau dengan keindahan alam yang menakjubkan tersebut terletak di Kota Curup,Bengkulu Utara dan memiliki luas area sekitar 37,50 hektare.

Anda yang berasal dari Kota Bengkulu hanya perlu menempuh jarak sejauh 6 kilometer untuk dapat sampai di lokasi utama Danau Dendam Tak Sudah. Mungkin sedikit informasi yang perlu juga anda ketahui bahwa Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah yang terletak di daerah Bengkulu tersebut sudah beberapa kali mengalami perluasaan area. Pertama kali terjadi pada masa pemerintahan Belanda tepatnya pada tahun 1936, seiring ditetapkannya Danau Dendam Tak Sudah sebagai cagar alam dengan luas pada waktu yaitu sekitar 11,5 hektare. Kemudian pada tahun 1979 perluasan area danau terjadi kembali dan menambah luasnya menjadi 430 hektare. Perluasan terakhir terjadi pada tahun 1999 dan menjadikan luas Danau Dendam Tak Sudah menjadi 577 hektare.

Danau Dendam Tak Sudah merupakan habitat dari beberapa jenis ikan yang keberadaanya sudah mulai langka. Selain sebagai habitat dari beberapa jenis ikan langka, danau di Bengkulu tersebut juga merupakan habitat dari tumbuhan endemik langka yakni anggrek pensil yang mempunyai nama latin Vanda hookeriana. Selain anggrek pensil masih terdapat jenis anggrek lain yang hidup di sekitar Danau Dendam Tak Sudah yaitu anggrek nipah, anggrek gelam, anggrek matahari, anggrek brosong dan lain sebagainya. Selain itu saat anda mengunjungi Danau DendamTak Sudah, anda dapat melihat atraksi dari para hewan yang hidup di sekitar danau yang menjadi cagar alam tersebut. Atraksi hewan yang dapat disaksikan tersebut seperti aksi kera ekor panjang atau lutung yang bergelantungan di pohon-pohon yang tumbuh di sekitar danau.

Anda pun dapat mencoba menikmati keindahan danau dengan berkeliling-keliling dari atas rakit. Kegiatan yang dilakukan tersebut semakin bertambah sempurna dengan dihiasi pemandangan danau yang sangat mempesona beratapkan langit biru yang sangat cerah dan memukau. Udara sejuk yang menghampiri akan membuat anda semakin menikmati dan lebih nyaman lagi berlama-lama di Danau Dendam Tak Sudah. Bagi anda yang gemar dengan dunia memancing dapat pula dilakukan saat mengunjungi tempat indah satu ini dan tentunya akan membuat petualangan wisata yang lebih seru lagi.

Untuk menjangkau lokasi Danau Dendam Tak Sudah yang begitu indah, anda tak perlu merasa khawatir karena aksesnya sudah sangat mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi dengan jalur jalan yang sudah sangat mulus. Tempatnya memang sangat strategis karena hanya dapat ditempuh dalam waktu 30 menit saja dari pusat Kota Bengkulu. Pastinya anda tak akan pernah menyesal telah mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah yang terletak di Provinsi Bengkulu tersebut.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan