Kecantikan Pulau Geser yang Begitu Mengagumkan

0
1448

Pulau Geser merupakan pulau yang menyimpan banyak kekayaan sumber daya alamdan keunikan yang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Walaupun saat ini namanya mungkin tidak banyak di kenal orang namun keindahan alam Pulau Geser ini sudah tidak diragukan lagi.

Pulau Geser ini terletak di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Terdapat dua suku budaya yang terkenal di Pulau Geser ini yaitu suku Esiriun dan suku Siriatun. Selama 7 abad lamanya kedua suku ini selalu hidup berdampingan walaupun masing-masing mempunyai wilayah kekuasaan sendiri.Di Pulau Geser, suku Esiriun menguasai wilayah daratan dan terkenal dengan kemahirannya dalam berdagang dan bercocok tanam. Suku Esiriun mempunyai warisan rempah-rempah seperti cengkeh yang berada di Seram Bagian Timur. Bahasa asli dari suku Esiriun ini adalah bahasa Pakunu.

Sedangkan suku Siriatun menguasai wilayah lautan dan kemahiran yang mereka kuasai yaitu seperti melestarikan terumbu karang, menjadi nelayan yang ulung dan begitu begitu telaten menjada satwa bawah laut. Bahasa yang dimiliki suku Siriatun sama seperti suku Esiriun yaitu bahasa Pakunu. Namun untuk baju adat dan lambang kekuasaannya berbeda dari suku Esiriun. Suku Siriatun terkenal dengan hasil ikannya yang sangat khas yaitu ikan Kubutangi dan banyak yang percaya bahwa ikan tersebut tidak terdapat di wilayah perairan lain dan hanya terdapat di perairan Pulau Geser. Ikan khas tersebut menjadi santapan dan makanan utama suku Siriatun.

Tempat yang menarik yang bisa kita kunjungi saat berwisata ke Pulau Geser yaitu ke Pulau Karang. Pulau Karang biasa disebut dengan “Bas Buru” oleh warga Pulau Geser. Pemandangan unik yang bisa kita saksikan di Pulau Karang tersebut yaitu pulau ini diklilingi oleh terumbu karang putih yang muncul dari birunya lautan Geser sehingga seolah pulau ini terbungkus lautan lepas yang terhampar begitu indah. Pengunjung yang datang ke Pulau Karang ini sangat menikmati panorama alam yang masih sangat alami dan begitu mempesona sembari menikmati hidangan ikan bakar yang menggiurkan. Pengunjungpun bisa melakukan kegiatan memancing di Pulau Karang ini dan akan merasakan suasana yang sungguh berbeda. Pulau Karang ini terletak sekitar satu kilometer bagian luar arah barat Pulau Geser.

Selain Pulau Karang terdapat juga Pulau Naga yang bisa juga kita coba kunjungi. Pulau ini memang sangat persis menyerupai bentuk naga dan jika kita lebih dekat melihat dan memperhatikannya terlihat empat buah taring dengan tinggi sekitar 1 meter yang tepat berada di mulut naga. Di Pulau Naga ini kaya dengan berbagai jenis ikan lautnya sehinnga pulau ini menjadi tempat favorit untuk memancing.

Di Pulau Geser telah tersedia fasilitas penginapan bagi yang ingin bermalam dan lebih berlama-lama menikmati keindahan pulau ini. namun biasanya warga sekitar dengan senang hati menawarkan rumahnya untuk dijadikan tempat menginap para wisatawan dengan cuma-cuma atau tanpa dipungut bayaran. Telah tersedia kamar khusus walaupun dengan jamuan alakadarnya. Hal itulah yang menjadi salah satu keunikan saat berwisata ke Pulau Geser ini.

Pedidikan yang diselenggarakan di Pulau Geser sudah terbilang lengkap dengan tersedianya sarana pendidikan mulai dari playgroup sampai sekolah tinggi. Dalam hal pendidikan warga Geser begitu antusias walaupun terkadang harus ditempuh dengan cara menyebrangi lautan. Terbukti dengan penduduk Geser yang berusia 40 – 50 tahun rata-rata tamatan SMP dan SMA bahkan generasi kelahiran tahun 1980 an sudah banyak yang menyandang ijazah perguruan tinggi. Makanya kita akan merasa nyaman saat bercengkerama dan beramah tamah dengan penduduk lokal karena mereka sudah fasih berbahasa Indonesia.

Bila kita ingin berkunjung ke Pulau Geser ini kita dapat menumpang armada transportasi laut. Mari jadikan tempat wisata ini sebagai tujuan berwisata kita mengisi hari-hari ceria bersama keluarga dan sahabat saat liburan telah tiba.