Kecantikan Panorama yang Terbalut Kemistisan di Curug Sawer

0
2153

Tempat wisata untuk sekedar mengisi kembali kesegaran tubuh akibat stress pekerjaan tidak perlu sampai harus pergi jauh-jauh. Masih banyak tempat wisata yang berada di sekitar kita yang menyajikan panorama keindahan alam yang tidak kalah indahnya namun bisa menghemat biaya. Misalnya bagi Anda yang tinggal di daerah Majalengka dan sekitarnya dapat mengunjungi sebuah tempat wisata yang menghadirkan keindahan panorama air terjun dan air terjun tersebut dikenal dengan nama Curug Sawer.

Keberadaan Curug Sawer ini memang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang karena mungkin letaknya yang tersembunyi dan masih jarang terjamah manusia. Kawasan tempat wisata ini masih berada dalam pengelolalaan RPH Argalingga BKPH Maja KPH Majalengka secara administrasi kehutanan. Objek wisata Curug Sawer ini terletak pada ketinggian antara 900 – 1300 meter dpl dan memiliki curah hujan antara 1500 sampai 4500 mm per tahunnya.

Objek wisata curug sawer dengan panorma keindahan alamnya tersebut memiliki lima curug yang memiliki keunikan yang berbeda setiap curugnya. Curug pertama dan kedua memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa indahnya yang akan memanjakan pandangan setiap pengunjung. Curug pertama dan kedua yang memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi ini dipercayai memiliki keramat. Dipercaya bahwa orang yang melakukan upacara khusus dan mandi di curug ini akan menemukan kebahagiaan kehidupan di dunia dan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh. Dengan keistimewaan dari curug tersebut tidak serta merta mengundang orang banyak untuk melakukan ritual ke curug ini malah dapat dikatakan jarang orang yang melakukan hal tersebut, karena untuk mencapai ke dasar curug ini sangat sulit dan butuh perjuangan ditambah lagi suasananya dibalik keindahan yang tersaji, terasa juga aura yang menyeramkan.

Di curug ketiga dapat dijumpai sebuah area yang dapat dijadikan tempat camping. Tempat ini begitu banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon besar disertai akar yang merambat yang membuat suasana di tempat ini begitu mencekam. Namun suasana tersebut merupakan petualangan tersendiri bagi orang yang suka akan sesuatu yang berbau misteri. Dinding curug ketiga ini tersusun atas batuan keras dan cadas sehingga bisa dijadikan untuk olahraga turun tebing.

Sedangkan untuk curug keempat dan kelima mempunyai lahan atau area yang lebih luas. Didasar lembah terdapat hutan alam yang begitu dahsyat luar biasa. Saat berada di tempat tersebut akan tercipta suasana yang berbeda yang mungkin tak dapat di ungkapkan, apalagi saat kabut turun dan menyelimuti lembah.

Pengunjung yang ingin dan penasaran untuk dapat merasakan suasana berwisata di objek wisata Curug Sawer ini dapat menuju ke Desa Argalingga di Kecamatan Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat. Dari pusat Kota Majalengka tempat wisata ini berjarak sekitar 21,5 kilometerdan dari Kota Maja jaraknya sekitar 10 kilometer ke sebelah timur. Perjalanan ke tempat wisata ini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Bagi yang berminat mengunjungi tempat ini pengunjung tidak akan dikenakan biaya retribusi apapun alias gratis. Karena kondisi jalan yang begitu curam dan juga fasilitas yang belum tersedia lengkap menjadikan tempat ini belum diresmikan menjadi objek wisata.