Keberadaan Mercusuar Kuno yang Semakin Menambah Keindahan Pulau Lengkuas di Bangka Belitung

0
807

Apakah anda pernah mendengar nama Pulau Lengkuas? Pulau Lengkuas adalah sebuah pulau eksotik dan cantik yang termasuk kedalam wilayah Provinsi Bangka Belitung. Pulau Lengkuas merupakan pulau yang sangat layak dan wajib untuk anda kunjungi saat anda memutuskan untuk pergi liburan ke Provinsi Bangka Belitung. Pulau Lengkuas sudah sangat terkenal akan keindahan tempatnya khususnya bagi masyarakat Bangka Belitung sendiri. Keunggulan pulau tropis tersebut diantaranya adalah sajian lautan biru yang terhampar luas dan terlihat begitu jernihnya dilengkapi dengan batuan granit yang eksotik. Di pulau Lengkuas juga dapat dijumpai sebuah mercusuar yang telah berusia ratusan tahun dan menjadi pemandangan menarik tersendiri saat mengunjungi pulau di Provinsi Bangka Belitung tersebut.

Pulau Lengkuas memiliki luas area yang terbilang kecil yakni kurang dari 1 hektare. Pulau kecil tersebut terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan merupakan pulau yang memancarkan keindahan tempat yang begitu kuat dan sudah tidak diragukan lagi. Keindahan suasana di pulau yang seolah terlukis dengan sempurna tersebut mampu menyedot banyak perhatian para turis sehingga mereka datang berbondong-bondong untuk berwisata dan meramaikan pulau yang terbilang mungil tersebut. Sajian pasir pantainya yang putih bersih menjadi sajian yang menikmatkan bagi setiap pelancong datang berkunjung. Birunya lautan yang terhampar luas dengan ornamen batuan granit raksasa beraneka bentuk dapat menjadi pemandangan yang berbeda dalam pengalaman berwisata anda.

Keberadaan mercusuar di Pulau Lengkuas menjadi daya tarik sendiri bagi kedatangan para wisatawan yang datang ke pulau untuk menghabiskan waktu yang menyenangkan. Mercusuar yang sampai saat ini masih befungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal laut tersebut merupakan sebuah mercusuar warisan pemerintah kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Anda dapat menaiki mercusuar tersebut dan menikmati keindahan alam Pulau Lengkuas dari atas ketinggian 50 meter. Dari atas ketinggian sekitar 50 meter tersebut anda dapat menangkap kecantikan Pulau Lengkuas lebih jelas lagi, suatu keindahan alam yang tiada duanya. Panorama birunya lautan yang berpadu dengan sangat harmonis dengan batuan granit berwarna putih pucat. Keberadan pulau-pulau kecil yang terlihat menghijau menjadi sajian yang dapat memanjakan mata anda pula, ketika anda sedang berada di atas mercusuar.

Anda yang sangat penasaran dan ingin menikmati keindahan tempat yang disajikan oleh Pulau Lengkuas di Provinsi Bangka Belitung, anda dapat melakukannya dengan menyewa perahu nelayan yang terdapat di beberapa tempat yaitu seperti di Tanjung Binga, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Tinggi. Apabila anda Tanjung Kelayang, anda memerlukan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di Pulau Lengkuas. Sedangkan dari Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi, waktu tempuh yang dihabiskan yaitu selama 30 – 45 menit.