Kawah Putih Tinggi Raja, Mutiara di Tengah Hutan Lindung

Biasanya liburan selalu dimanfaatkan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata, untuk sekedar rifresing atau mengisi liburan anda dan keluarga anda. salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Kawah Putih Tinggi Raja.

Kawah Putih Tinggi Raja berada di Sumatera Utara tepatnya berada di Des. Dolok Tinggi Raja Kec. Silau Kahean, memiliki keindahan yang bisa disaingkan dengan kawah putih yang ada di Ciwidey Bandung. Berada di hutan lindung yang dikelilingi bukit kapur, terdapat sebuah kawah yang putih seputih salju. Setiap orang yang menyaksikannya pasti tidak akan percaya, bahwa di tepat yang sangat terpencil ini terdapat sebuah panorama alam yang sangat eksotik belum tereksplor secara luas.

Di tempat ini terdapat sumber air panas yang berasal dari bukit-bukit kecil dan mengalir ke sungai Bah Balakbak dengan konsisi air yang berbatu dan jernih. Selain menikmati keindahan alam di tempat ini, para pengunjung juga bisa mandi air panas dan menikmati hasil dari proses alam.

Jika anda belum tahu, dulu bukit kapur ini memiliki warna yang sangat putih namun karena pengaruh dari oksigen di udara, akhirnya bukit kapur ini kini menjadi kehitaman. Tempat ini bisa dijadikan sebagai sarana berpetualang, karena sebelum anda menuju ke tempat ini anda harus melewati dulu jalan yang berbatu dan berdebu itupun kalau sedang musim kemarau, jika sedang musim hujan malah akan lebih parah karena jalan tersebut akan menjadi kubangan lumpur.

Rute perjalanan untuk menuju ke Kawah Putih Raja bisa ditempuh selama kurang lebih 3-4 jam yang diawali dari Dolok Marangir kemudian menuju Tebing Tinggi dilanjutkan ke Dolok Masihul yang berada di samping Kerapuh. Kemudian dilanjutkan kembali menuju Silau Dunia-Negeri Dolok-Silau Kahean-Negeri Dolok Morawa terakhir Dolok Tinggi Raja.

Jika anda menempuh jalur tersebut membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dengan melalui jalan yang rusak sejauh 25 km. namun jika ingin lebih singkat anda bisa menempuh jalur yang diawali dari Kampung Marubun menuju ke Bangun Purba yang hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 11 km.

Meski jalur yang dilalui begitu menyusahkan, namun setelah anda sampai ke tempat wisata Kawah Putih Tinggi Raja, kelelahan setelah perjalanan akan terbayar lunas dengan suasana dan panorama yang sangat mempesona, pastinya jika anda mengunjungi tempat ini tidak akan menyesal.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan