Jasa Marga Tawarkan Alih Profesi Wirausaha Untuk Para Pekerja?

Tentu Anda sudah pernah mendengar tentang isu PHK besar-besaran yang akan dilakuka oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk akibat adanya kebijakan e-money dalam pembayaran tol? Ya, isu dan kabar ini memang sudah santer terdengar sejak munculnya wacana untuk mengganti sistem pembayaran tunai dan beralih ke sistem pembayaran non tunai atau e-money. Lalu apa yang dilakukan oleh Jasa Marga dalam mengantisipasi isu dan kabar tersebut?

Sejak mulai dibahasnya rencana penggunaan e-money dalam pembayaran tol, PT. Jasa Marga sudah mengira bahwa isu ini akan berkembang karena memang ada cukup banyak karyawan PT. Jasa Marga yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pembayaran jalan tol yang tentu mendapatkan dampak akibat diberlakukannya sistem elektonik money ini. Namun hal ini tidak menjadi hal yang mengkhawatirkan oleh pihak Jasa Marga itu sendiri karena mereka telah menyiapkan program khusus sebagai alternatif pengganti.

Bagi karyawan yang sudah tidak lagi bertugas di gerban tol, pihak Jasa Marga menyiapkan program Al-Life dimana program ini dibuat atas pertimbangan yang tidak ingin melakukan Pemutusan Hak Kerja oleh PT. Jasa Marga Tbk. Porgram ini merupakan pengalihan pekerjaan yang semula berada di gerbang tol untuk melayani pembayaran tol, kini dapat dialihkan profesi dan pekerjaan dari pekerjaan sebelumnya ke bidang yang berbeda.

Yang menjadi pertimbangannya adalah pertama, Suasana Gardu Tol Kurang Sehat. Hal ini tentu juga harus disadari oleh para karyawan yang mungkin kurang memperhatikan kesehatan dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu, program ini juga dimaksudkan untuk memberikan keterampilan lain dan mengembangkan bakat serta pengalaman baru bagi karyawan lama yang ada di gardu Tol dengan mengalihkan para karyawan ke lingkungan kerja baru yang lebih aman.

Untuk rencana dari kelanjutan program A-life sendiri, agar karyawan dapat mendaptkan pengalam baru diluar pekerjaan sebelumnya sebagai penjaga gardu tol. Selain itu, program ini diharapkan juga mampu mengembangkan bakat karyawan yang sebelumnya mungkin tidak diketahui.

Apa saja alternatif alih profesi yang bisa dipilih?

Sebagai solusi atas masalah karyawan ini, pihak Jasa Marga menyiapkan dua pilihan alternatif alih profesi. Para karyawan bisa pindah atau alih pekerjaan ke unit baru namun tetap dalam lingkup perusahaan PT. Jasa Marga Tbk. Dimana nantinya juga diberikan pelatihan dan pembekalan mengenai bidang yang akan dipilihnya sebagai pengganti pekerjaan sebagai penjaga gardu tol.

Pilihan kedua adalah Pihak Jasa Marga menawarkan kepada karyawannya untuk memulai usaha sendiri alias wirausaha. Untuk pilihan kedua ini tentu bukan hanya sekedar pilihan saja namun juga diberikan pelatihan serta pilihan untuk para karyawan diarahkan dengan memfasilitasi lokasi di Rest Area. Pelatihan ini tentu juga ditambah dengan fasilitas oleh PT. Jasa Marga sendiri sehingga para karyawan hanya perlu menjalankan serangkaian pelatihan dan menjalankan program A-life saja.

Jadi, bagi Anda karyawan PT. Jasa Marga yang terkena dampak atas kebijakan e-money ini bisa memilih diantara 2 alternatif yang disediakan oleh Pihak Jasa Marga sendiri. apakah ingin pindah ke bidang lain dan ke unit lain atau justru memilih untuk menjadi seorang wirausaha seperti yang ditawarkan oleh pihak jasa marga sendiri? Keduanya merupakan alternatif yang cukup efektif untuk mengatasi masalah PHK yang apabila dilakukan dapat menyelamatkan ratusan karyawan dari pengangguran. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan