Jalan-Jalan Menyenangkan ke Taman Hewan Pematang Siantar, Sumatera Utara

0
522

Kota Pematang Siantar merupakan kota di Sumatera Utara yang mengalami perkembangan pembangunan yang tergolong cukup pesat di berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut seperti bidang sosial, bidang budaya, bidang pendidikan, bidang ekonomi, dan juga bidang pariwisata. Kota Pematang Siantar di Sumatera Utara ini terkenal juga dengan jenis makanan daerahnya yang bernama roti ganda.

Dengan berbagai kesuksesan dan kemajuan yang telah dicapai oleh Kota Pematang Siantar tak heran rasanya jika Kota Pematangsiantar pernah meraih penghargaan bergengsi yakni Penghargaan Adipura. Pematang Siantar dikenal juga sebagai kota yang memilki keunikan yang tidak dapat dijumpai di tempat atau daerah lain. Sektor pariwisata di kota ini sudah sangat dibenahi dengan sangat baik. Pemerintah setempat jelas melakukan hal tersebut supaya jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Kota Pematang Siantar ini lebih meningkat lagi jumlahnya dan mereka dapat merasa lebih nyaman lagi menghabiskan waktu di kota yang begitu indah ini.

Satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Pematang Siantar adalah Taman Hewan Pematang Siantar. Tempat wisata yang terletak di jantung Kota Pematang Siantar ini didirikan pada tahun 1936. Pembangunan Taman Hewan ini dimaksudkan dalam upaya melestarikan hewan-hewan yang keberadaanya hampir punah. Berdirinya Taman Hewan ini dapat melindungi keberadaan hewan yang sudah langka di alam bebas tersebut. Taman Hewan Pematang Siantar ini terletak di Jl. Kapten MH. Sitorus dengan memiliki luas lahan area sekitar 4,5 hektar. Para pengunjung yang mengunjungi Taman Hewan ini dapat melihat ratusan koleksi hewan atau satwa langka yang ditempatkan pada lokasi sesuai dengan spesiesnya.

Tempat yang dapat anda lihat setelah memasuki pintu gerbang adalah lokasi pemeliharaan spesies burung. Saat anda berada di lokasi spesies burung ini anda dapat melihat berbagai jenis burung yang terlihat sangat begitu cantik. Burung-burung yang terdapat di lokasi tersebut diantaranya seperti cenderawasih, kakak tua, kasuari dan masih banyak lagi jenis burung yang lainnya. Sedikit menuruni anak tangga, anda dapat melihat sebuah kolam yang dihuni oleh berbagai jenis ikan. Salah satunya yang dapat anda lihat di kolam tersebut adalah aksi menarik beberapa ikan hias yang akan muncul ke permukaan bila anda memancingnya dengan memberinya makanan.

Selain beberapa spesies burung di Taman Hewan Pematang Siantar ini juga terdapat beberapa jenis mamalia. Mamalia tersebut ditempatkan sebuah kandang besi yang sangat kuat dan kokoh. Jenis mamalia yang terdapat di taman hewan ini diantaranya seperti macan, singa, beruang madu, harimau dan lain sebagainya. Jenis primata pun tak ketinggalan ada di taman hewan ini seperti kera, orang utan, monyet putih yang akan membuat kunjungan anda semakin bertambah menarik saja. Di Taman Hewan Pematang Siantar ini juga terdapat sebuah bangunan museum yang bernama Rahmat Internasional Wildlife Museum & Galllery.

Mengunjungi Taman Hewan ini akan membuat kunjungan wisata yang dilakukan bersama keluarga terasa begitu menyenangkan. Karena pengunjung yang datang ke tempat ini dapat pula menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan tempat wisata ini, salah satunya adalah menikmati kolam renang yang menjadi salah satu spot favorit di tempat wisata ini. Untuk mengunjungi Taman Hewan yang unik ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum yang dapat dengan mudahnya didapatkan di sekitar Kota Pematang Siantar. Cukup megeluarkan uang Rp.7.000 saja bagi anda yang ingin memasuki kawasan Taman Hewan Pematang Siantar ini. Harga yang sangat terjangkau bukan?