Indahnya Panorama Alami Suasana Pedesaan di Desa Wisata Kopeng

0
1691

Desa Wisata Kopeng, Jawa Tengah merupakan sebuah desa yang memiliki pemandangan begitu indah dan asri yang memikat hati setiap orang yang melihatnya. Nuansa pedesaan yang begitu kental terasa dengan panorama lahan sayur mayur yang tumbuh subur menghijau dan hamparan bunga-bunga yang bermekaran membuat perasaan siapapapun yang melihatnya akan merasakan suasana kedamaian. Desa Wisata Kopeng ini adalah desa yang terletak di ketinggian 1450 dpl membuat hawa di desa ini begitu sejuk terasa. Salah satu faktor yang membuat desa yang berada di Kecamatan Getasan, Kab. Semarang ini berhawa sejuk juga adalah letaknya yang berada di lereng Gunung Telomoyo, Gunung Merbau, dan Gunung Andong.

Berwisata ke daerah wisata ini akan membuat kita melupakan sejenak kepenatan yang melanda karena di desa wisata ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikan dan membuat kita merasa terhibur. Aktifitas atau kegitan yang bisa kita lakukan di Desa Wisata Kopeng ini diantaranya seperti berkemah, berkuda, outbond, memetik buah strawberry, berkuliner menyantap hidangan yang lezat bersama keluarga dan masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa kita lakukan saat berwisata ke desa wisata ini. Aktifitas atau kegiatan yang kita lakukan tersebut ditambah dengan suguhan panorama alam pegunungan yang begitu tampak alami dan mempesona sehingga akan membuat kegiatan berwisata kita akan terasa begitu sempurna.

Desa Wisata Kopeng ini berjarak sekitar 54 kilometer dari pusat Kota Semarang dan sekitar 14 kilometer dari dari Kota Salatiga. Jarak yang mungkin cukup jauh dari tempat tinggal kita namun pengorbanan yang kita lakukan saat menempuh perjalanan wisata ke Desa Wisata Kopeng ini tidak akan sia-sia karena pasti kita akan merasa puas dengan apa yang akan kita dapatkan setelah sampai di Desa Wisata Kopeng ini. Selain dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang seru seperti yang sudah di jelaskan dia atas kita juga saat berwisata di Desa Wisata Kopeng bisa melihat pemandangan air terjun Umbul Songo. Menurut riwayat bahwa air terjun ini merupakan sumber mata air peninggalan para wali pada masa Kerajaan Demak yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air wudhu. Para wali tersebut diceritakan melakukan doa secara bersama-sama memohon kepada Yang Maha Kuasa supaya di mudahkan dalam mendapatkan sumber mata air untuk keperluan berwudhu. Pada akhirnya doa para walipun dikabulkan dan keluarlah mata air yang debit airnya sangat besar yang kemudian dinamakan Umbul Songo. Air Terjun Umbul Songo disebut juga dengan Air Terjun Sembilan Mata Air karena berasal dari sembilan mata air yang berasal dari daerah sekitar Contre, Tekelan, Selodhuwur, Tayengan, Kopeng, Kali Sati, dan Peng Jero.

Di Desa Wisata Kopeng juga terdapat fasilitas villa yang bisa gunakan untuk bermalam di desa wisata ini. Villa tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti fasilitas ruang makan, ruang pertemuan, dapur, air panas dan juga TV. Villa ini juga sudah dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas sehingga saat kita berwisata dan menginap di villa ini akan terasa nyaman dan betah karena seperti suasana di rumah sendiri.