Gunung Ranai Gunung Eksotis di Tengah Lautan

0
1137

Kepulauan Riau tidak hanya terkenal dengan pemandangan pantai-pantainya yang mempesona namun juga masih ada hal lain yang menjadi daya tarik yang dimiliki provinsi ini. Salah satu kelebihan yang dimiliki provinsi ini adalah dengan potensi alam yang dimilikinya yang sungguh berlimpah juga indahnya pemandangan alam pegunungan yang semakin mempercantik provinsi ini sehingga begitu banyak memikat hati orang banyak. Contohnya seperti Gunung Ranai yang memiliki keunikan serta keindahan yang dapat menghanyutkan setiap jiwa yang memandangnya.

Gunung Ranai yang dikelilingi oleh pantai Tanjung Ranai ini memang namanya mungkin tidak begitu dikenal banyak orang. Padahal gunung ini sungguh menyajikan pemandangan alam yang begitu eksotik yang tidak kalah dari tempat lainnya yang lebih populer. Gunung yang berjarak sekitar 562 kiometer dari Kota Tanjung Pinang tersebut terletak di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Gunung Ranai ini sebenarnya merupakan sebuah gunung dataran rendah yang ketinggiannya antara 300 – 1035 meter dpl.

Keindahan gunung ini sangat menggoda untuk ditakluki dan ditelusuri lebih dalam lagi. Jenis floranya sangat beragam di Gunung Ranai ini begitu memancarkan gradasi pemandangan alam yang sangat seksi. Gunung Ranai ini ditumbuhi dengan ragam tumbuhan dataran rendah sampai ragam tumbuhan dataran tinggi. Seperti dari ketinggian 800 meter dpl kita dapat menemukan hutan dengan jenis pohon meranti, keruing, rasamala, dan turi. Sedangkan antara ketinggian 800 – 968 meter dpl kita akan menjumpai lahan yang dipenuhi dengan semak belukar dan pohon-pohon yang berukuran pendek.

Untuk sampai ke puncak Gunung Ranai ini terlebih dahulu kita harus melewati tiga puncak tebing batu dengan ketinggian yang berbeda. Puncak pertama yang harus dilalui adalah puncak dengan ketinggian 968 meter dpl yang bernama Puncak Serendit dengan gugusan tebing yang berketinggian sekitar 100 meter. Puncak kedua yang harus dilewati adalah Erik Samali yang berada di ketinggian 999 meter dpl. Dan puncak terakhir yang harus dilewati dan merupakan puncak tertinggi di gunung ini adalah puncak datuk Panglima Husein dengan tinggi 1.035 meter dpl.

Dengan jalur memantang yang memicu adrenalin sehingga bagi yang suka akan petualangan dan tantangan bukan merupakan sebuah hambatan untuk bisa sampai di Puncak Gunung Ranai. Pemandangan alam dan sensasi yang akan di dapat nanti setelah sampai di puncak akan membuat pengorbanan yang telah dilakukan takkan menjadi sia-sia. Namun kita juga harus tetap berhati-hati dan waspada saat memutuskan untuk melakukan pendakian ke Gunung Ranai ini karena cuaca di Gunung Ranai ini selalu berubah-ubah. Saat memutuskan untuk mendirikan tenda dan menginap di Gunungpun perlu memperhatikan banyak faktor agar perjalanan kita selamat selama proses pendakian.

Untuk sampai di tempat wisata alam ini dapat ditempuh melalui jalur laut maupun melaui jalur udara. Dengan pilihan jalur laut dapat menggunakan kapal dengan rute Tanjungpinang – Natuna. Sedangkan melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang dengan rute Pekanbaru – Tanjungpinang – Ranai atau rute Pekanbaru – batam – Ranai yang setelah itu dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkutan darat untuk sampai di tujuan. Bagi Anda yang tertarik selamat menikmati sensasi petualangan yang pasti akan sangat berbeda dan sungguh mengesankan.