Goa Putri,Wisata Alam dengan Balutan Legenda di Sumatera Selatan

0
597

Tempat wisata di Provinsi Sumatera Selatan cukup beragam dan menawarkan keindahan alam yang tidak kalah bagusnya dengan panorama keindahan alam di daerah lain. Selain objek wisata Danau Ranau dan Baturaja yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini yang memiliki keindahan alam yang sudah tidak diragukan lagi masih ada tempat wisata lain di Provinsi ini yang akan membuat liburan anda begitu berkesan. Tempat atau objek wisata yang patut anda coba di Provinsi Sumatera Selatan tersebut dan menawarkan keindahan yang tidak kalah menariknya yaitu objek wisata Goa Putri.

Objek wisata Goa Putri di Sumatera Selatan ini terletak di Desa Padang Bindu, Kec. Pengandonan. Apabila dari Kota Baturaja tempat wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer. Tempat wisata berbasis alam ini terkenal akan legenda yang konon berhubungan erat dengan Goa Putri ini. Cerita tersebut mengisahkan tentang seorang putri bersama dengan perangkat istananya yang berubah menjadi stalagmit dan stalagtit di Goa Putri ini. Anda yang akan memasuki daerah wisata Goa Putri ini akan melewati sebuah jembatan besi yang membentang di atas Sungai Ogan. Dari atas jembatan besi ini, anda akan melihat pemandangan yang cukup menarik perhatian di sekitar Sungai Ogan.

Di sekitar Sungai Ogan ini anda dapat melihat dari atas jembatan masyarakat yang sedang melakukan aktifitas di sungai tersebut seperti orang-orang yang tengah mencuci maupun yang sedang mandi. Selain itu di sungai tersebut dapat anda jumpai sebuah batu yang saat ini ditumbuhi rerumputan yang menyelimuti seluruh permukaannya dan hampir menutupi bentuk asli batu tersebut. Batu tersebut seperti tumbuh di atas sungai dan yang paling menarik dari batu tersebut adalah kisah atau legenda yang menyertainya. Batu tersebut menurut cerita merupakan sebuah jelmaan dari Putri Balian yang dikutuk menjadi batu oleh seseorang yang bernama Si Pahit Lidah yang terkenal sakti mandaraguna. Cerita yang menarik namun cukup menyeramkan pula.

Dari sungai yang anda lewati tersebut, letak Goa Putri sudah cukup dekat yakni hanya sekitar 1 kilometer. Setibanya di lokasi Goa Putri, jika anda punya cukup nyali anda bisa menjelajahi atau menyusuri ke dalam goa ini yang panjangnya lebih dari 150 meter tersebut. Namun untuk menyusuri ke dalam goa ini memang sangat cukup menantang karena goa ini belum dialiri oleh jaringan listrik sehingga bagian dalam goa ini sangat begitu gelap. Hanya bagian depan dari Goa Putri inilah yang telah dipasangi aliran listrik. Goa Putri ini terasa masih begitu alami dan tidak mempunyai jalan tembus sehingga akses keluar masuk berasal dari pintu sama.

Anda yang ingin menyusuri goa ini dapat harus berbekal lampu penerangan seperti lampu senter. Tiket masuk untuk memasuki tempat wisata alam yang cukup menantang ini dirasa sangat terjangkau bagi semua kalangan. Bagi orang dewasa hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp.500 saja sedangkan bagi anak-anak cukup membayar Rp.200, tarif yang benar-benar sangat bersahabat. Goa Putri yang menyajikan keindahan dan bukti legenda yang konon pernah terjadi tersebut disebut juga dengan Susumen Dusun oleh masyarakat sekitar yang berarti sebuah goa yang sangat besar.