Gardens By The Bay, Taman Hijau Berbentuk Kerang yang Mengagumkan di Singapura

0
838

Singapura mempunyai taman di tengah kota? Koq bisa ya negara yang kecil itu mempunyai sebuah ladang hijau sebagai penyegar dan paru-paru kota? Tidak ada yang tidak mungkin di Singapura karena walaupun kecil tapi perkembangan teknologi dan juga ide-ide briliant telah banyak mendominasi negara yang kecil nan sangat modern itu. Wisata Singapura yang memberikan kesegaran dipusat kota merupakan tujuan utama para pekerja kantor untuk menikmati hirup udara segar yang bergeser dari polusi kota.

Mempunyai luas 100 hadan hanya lima menit jarak tempuhnya dengan berjalan kaki dari pusat kota,karena lokasinya dekat dengan Marina Bay, yang begitu unik di taman ini adalah lebih dari ΒΌ juta tanaman langka hidup ditaman Gardens by the Bay ini. Secara keseluruhan, terbagike dalam tiga area kebun yaitu Bay South,Bay Central,dan Bay East. Taman ini berada dalam sebuah konservatori yang berbentuk rumah kaca raksasa yang menjulang dengan arsitektur berbentuk kerang, dan disamping itu terdapat pemandangan teluk yang indah juga dipinggir teluk tersebut terlihat jelas gedung-gedung tinggi menjulang yang melengkapi keindahan Gardens by the Bay.

Di area Bay South yang letaknya dipinggir teluk terbesar,terdapat sebuah Supertree atau dalam bahasa Indonesia Pohon Super yang sangat futuristis, berbentuk dasar gedung dengan 16 lantai dan jugaterdapat OCBC Skyway yaitu suatu jembatan gantung didalamnya. Dan jikaberada di puncak supertree maka pemandangan seluruh kebun pun akan terlihat dengan jelas. Supertree ini selain menjadi keunikan dalam bentuknya yang indah juga berfungsi untuk menampung air hujan, menjadi saluran irigasiuntuk konservatori taman, dan menghasilkan tenaga surya.Bay East juga tak kalah menarik karena bentuk unik dari paviliun-paviliun yang begitu cantik dataran yang subur, sama halnya dekat teluk yang indah dan kita bisa melihat rentetan pemandangan gedung bertingkat.

Taman ini memiliki konsep Flower Dome dan Cloud Forest, yaitu tempat teduh untuk berlindung dari panasnya terik matahari. Flower Dome juga meniru sebuah iklim Mediterania yang bertema dingin dan kering. Cloud Forest yang beradaptasi seperti iklim dingin yang berembun layaknya cuaca tropis Mountain seperti dataran tinggi di Amerika Selatanatau juga seperti Gunung Kinabalu di Sabah Malaysia.

Jika berkunjung ke Singapura tentu iklim tropis akan membuat gerah suasana, nah Gardens by the Bay ini yang akan mengobati cuaca gerah tersebut dengan mengunjungi wisata Singapura berupa taman ditengah taman kota yang menyejukan.