Eksotisnya Pulau Derawan Kalimantan Timur

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Pulau-pulaunya mempunyai karakteristik dan nilai eksotik tersendiri yang mengandung nilai keindahan yang tidak dijumpai di negara lain. Maka dari itu tidak heran banyak orang yang penasaran dan akhirnya berniat untuk mengunjungi pulau yang ada di Indonesia untuk lebih bisa mengeksplorasi keindahan pulaunya. Tidak hanya masyarakat dari negeri sendiri saja dibuat penasaran, namun orang dari negara lain pun tertarik untuk datang menjelajahinya. Dengan banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia maka Indonesia pun tidak pernah kehabisan tempat wisata baru yang pantas untuk dijelajahi. Salah satunya destinasi yang paling dikenal adalah Pulau Derawan di Kalimantan Timur yang banyak menarik para traveler yang ingin menjelajahi keindahan bawah lautnya.

Pulau Derawan dengan namanya saja orang pasti sudah terbayang dengan keindahan hamparan laut birunya yang masih jernih dengan panorama bawah laut yang sungguh luar biasa indahnya. Para traveier juga mencoba berenang dengan ubur-ubur ataupun ikan manta dan dapat juga merasakan kegembiraan bermain dengan penyu-penyu lucu. Pasti merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Apabila kita berniat untuk mengunjungi pulau ini memang kita harus siap dengan isi kantong yang cukup tebal. Sebenarnya perjalanan menuju ke sana memang tidaklah terlalu sulit. Namun berhubung Pulau Derawan ini terletak di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur tentunya memakan biaya transportasi yang tidak sedikit ditambah lagi harga bahan bakar minyak di sana masih tinggi maka kita harus lumayan siap dengan isi dompet untuk perbekalan di sana.

Untuk menuju pulauyang eksotis dan menarik ini kita dapat masuk dari Kota Tarakan atau Kota Berau. Kedua kota ini merupakan kota yang terdekat dengan Pulau Derawan dan sudah memiliki fasilitas lapangan udara. Memilih masuk dari Kota Tarakan untuk menuju Pulau Derawan merupakan pilihan lebih efisien karena harga tiketnya lebih murah. Untuk mempersingkat waktu kita harus masuk ke Tarakan pukul 5 pagi untuk mendapatkan penerbangan pertama sehingga kita tidak perlu transit di Balikpapan dahulu. Ada baiknya juga kita pergi rombongan menuju Pulau Derawan sehingga kita bisa patungan untuk menyewa speedboat dari Tarakan karena tidak terdapat kapal reguler yang langsung menuju pulau tersebut. Memakan waktu 4 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Pulau Derawan.

Masuk melalui Kota Berau pun bisa dilakukan seandainya memang kita mempunyai bujet lebih dengan dua jam perjalanan menuju Kota Tanjung Batu dahulu dilanjutkan dengan naik speedboat selama 45 menit. Setelah sampai di Pulau Derawan kita bisa memilih jenis akomodasi yang tentunya disesuaikan dengan bujet kita. Jumlah cottage di sana memang masih terbatas tetapi banyak penginapan atau homestay bagi turis di rumah warga yang jumlahnya lebih dari 100 rumah.

Pulau Derawan ini merupakan tempat favorit bagi penyu-penyu hijau yang akan bertelur di pasir pantainya. Kita juga bisa melihat penyu berukuran besar yang telah berusia puluha tahun jika kita beruntung. Di Pulau Derawan ini pun kita bisa asyik bersnokeling dan berenang sambil melihat terumbu karang yang indah. Selain itu pula kita bisa mengunjungi konservasi penyu yang terletak di Sangalaki. Satu hal yang perlu diingat bagi kita yang ingin bersnokeling janganlah memakai tabir surya dan fin karena dapat mengganggu habutat dari ubur-ubur karena zat kimia yang dikandungnya. Pulau Maratua pun menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dijadikan tempat bersnokeling. Namun ongkos selama satu hari saja bisa mencapai Rp 1,5 juta lebih untuk mengunjungi ketiga pulau tersebut sehingga disarankan pergi rombongan agar kita bisa patungan. Harga makanan pun di Pulau Derawan masih terbilang mahal karena harga beras yang masih tinggi walaupun harga seefood di sana cukup murah.

Tags: , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan