Cermat Pilih Deterjen Ramah Lingkungan Untuk Bumi Kian Sehat

 Deterjen Ramah Lingkungan

Kurang bersih memang mencuci baju hanya dengan mengandalkan air, karena sebenarnya zat yang dapat melepas kotoran yang ada dari pakaian Anda dalah deterjen. Hanya saja juga tak memungkiri bahwa penggunaan detergen yang sembarangan limbah akan sangat berbahaya bagi lingkungan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memilih deterjen ramah lingkungan. Beberapa perusahaan ternama seperti Unilever mulai gencar-gencarnya keluarkan produk yang juga aman bagi lingkungan ini, salah satu produknya adalah Rinso.

Menggunakan deterjen yang ramah lingkungan ini pada dasarnya tak memberikan nilai negatif apapun bagi Anda, karena produknya yang dapat secara sempurna diserap oleh tanah tanpa menimbulkan efek samping apapun, tentunya juga sangat aman jika digunakan pada tangan, tak menimbulkan rasa panas atau juga pengelupasan di kulit, cukup sehat bukan. Sebenarnya jika ingin pilih-pilih produknya yang ada di pasaran memang sedikit agak sulit, namun berikut ini ada tips yang dapat Anda gunakan dalam mencarinya, yaitu:

1.Membeli produk yang sudah Anda seleksi bahannya, kandungan bahan lengkap umumnya tertera di label kemasan, jangan sepelekan hal ini karena sebenarnya aman tidaknya bahan tersebut dapat Anda lihat dari komposisi produk. Disini nantinya Anda juga dapat melihat adakah bahan allergen yang sebenarnya tak cocok di kulit, karena sering kali menggunakan detergen dengan bahan yang kuat membuat tangan jadi iritasi.
2.Bahan surfactant yang digunakan harus ramah lingkungan, biasanya dengan kode LAS atau LABS. Ini merupakan bahan yang sangat penting dalam pembuatan detergen, karena ia maka noda yang ada pada pakaian dapat terangkat. Beberapa pabrikan umumnya menggunakan jenis yang keras, ini tak hanya berbahaya di kulit melainkan juga tanah. Jadi Anda dapat mengkategorikannya berdasarkan komposisi yang tertera dalam label.
3.Kandungan fosfat yang ada dalam detergen sebaiknya dipilih yang paling rendah, mengapa demikian, karena umumnya setelah selesai pencucian Anda akan langsung membuangnya ke tanah. Akan jauh lebih aman memilih fosfat seminim mungkin agar dapat diserap secara sempurna tanpa menyebabkan kesuburan tanah berkurang.
4.Sedikit mengandung busa, salah satu ciri lainnya untuk menentukan apakah detergen tersebut baik bagi lingkungan atau tidak, adalah pada saat penggunaan dengan air biasa busa yang dikeluarkan sedikit. Ini adalah indikasi bahwa bahan berbahaya yang ada didalamnya juga sangat minim.
5.Kandungan NaOH juga minim, bahan yang satu ini bisa dideteksi dari panas atau tidaknya ketika bersentuhan dengan tangan, sebenarnya semakin panas tangan Anda merasakan pada saat pencucian secara langsung bisa dipastikan kadar NaOH didalamnya sangat tinggi.

Terlihat sepele memang membeli deterjen ramah lingkungan Rinso, namun tentunya Anda sudah tau apa manfaat yang akan di dapatkan kedepannya bukan, untuk Anda dan anak cucu nanti.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan