Daya Tarik Gedung Sate Seperti Magnet

GedungSate pada masa Hindia Belanda disebut Gouvernements Bedrijiven (GB), peletakan batu pertama oleh putra sulung Wali Kota Bandung bernama Johanna Catherina Coops,pada tanggal 27 juli 1920 yang merupakan hasil perencanaan tim Ir. J . Gerber arsitek muda lulusan dari Fakultas Teknik Delft Nederland,Ir. Eh. De Rood dan Ir. G. Hendriks dengan melibatkan banyak pekerja,diantaranya pemahat, pengukir bati nisan dan pengukir kayu yang berkebangsaan Cina yang berasal dari Konghu atau Kanton,dibantu oleh tukang batu,kuli aduk,dan peladen yang berasal dari penduduk,yang sebelumnya mereka membangun Gedong Sirap (Kampus ITB) dan juga Gedong Papak (Balai Kota Bandung).

Selama kurang lebih 4 tahun pada bulan September 1924 berhasil diselesaikan pembangunan induk bangunan Gourvernements Bedrijiven,termasuk didalamnya PTT (Pos,Telepon,Telegram dan juga perpustakaan). Arsitektur Gedung Sate merupah hasil karya Ir. J .Gerber dan kkelompoknya yang tidak lepas dari pemikiran Dr.Hendrik Petrus Berlage arsitek asal Belanda,yang merupakan wajah arsitektur tradisional Nusantara.

Banyak kalangan arsitek dan para ahli bangunan yang menyatakan bahwa Gedung Sate merupakan bangunan monumental yang anggun dan mempesona yang mengarah pada bentuk gaya arsitektu Indo-Eropa. Dengan ciri khasnya yang unik yang berupa 6 ornament tusuk sate yang berada pada menara sentralnya,Gedung Sate ini tidak hanya terkenal di Jawa Barat saja tapi diseluruh Indonesia. Meskipun sudah dibangun begitu lamanya namun gedung berwarna putih ini masih berdiri kokoh namun anggun yang kini menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat.

Kini Gedung Sate telah menjadi tempat wisata di Bandung. Khususnya bagi wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung karena masih memiliki keterkaitan dengan history bangunan ini. History ini akan terasa lengkap apabila setiap pengunjung berkenan menaiki satu per satu tangga yang tersedia menuju menara Gedung Sate. Pada bangun ini terdapat 6 tangga yang harus dilalui yang masing-masing memiliki 10 anak tangga yang mesti dinaiki.

Keindahan Gedun Sate dilengkapi dengan taman disekelilignya yang terpelihara dengan baik,nah mungkin inilah yang menjadi daya tarik yang diminati oleh masyarakat Kota Bandung,baik bagi wisatawan domestic ataupun manca Negara. Keindahan taman ini sering kali dijadikan sarana untuk fhoto bersama keluarga,fhoto sendiri,fhoto pasangan pengantin,dan bahkan dijadikan lokasi shooting video klip musik.

Pada hari minggu sekitar lingkungan halaman Gedung Sate sebagian besar masyarakat menjadikannya tempat bersantai,menikmati udara segar Kota Bandung dan sarana olah raga ringan.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan