Daya Pikat Danau Ranau, Sumatera Selatan

0
997

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau ini menurut penelitian terbentuk akibat terjadinya gempa bumi yang dahsyat dan terjadinya letusan gunung api vulkanik. Akibat peristiwa tersebut sebuah sungai yang terdapat di gunung vulkanik yang menjadi jalur air arus air berubah menjadi jurang.Bermacam jenis tanaman seperti semak belukar misalnya yang penduduk lokal biasa menyebutnya dengan Ranau, tumbuh subur di tepi danau. Kemudian sisa-sisa gunung yang menjadi Gunung Semiwung berdiri menjulang di samping danau yang kualitas airnya begitu terlihat bersih.

Danau ranau ini mempunyai cuaca yang dingin sehingga kita perlu persiapan membawa pakaian atau jaket tebal saat berada di tempat ini. tempat yang menjadi objek wisata ini terletak di perbatasan dua kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Barat di Provinsi lampung dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Tarif yang dikenakan pengelola tempat wisata ini kepada pengunjung adalah Rp.1.000 per orang dan Rp.4.000 saja untuk biaya parkir.

Di Danau Ranau terdapat sebuah pulau yang diberi nama Pulau Marisa. Di Pulau Marisa ini kita bisa menjumpai air terjun dan pemandangan sawah yang terhampar luas. Pulau ini juga memiliki sumber air panas yang berasa dari mata air panas alami. Wilayah pulau ini sebagian besar masih merupakan hutan dan menjadi hunian beberapa spesies primata.

Salah satu hal yang terkenal dari Danau Ranau ini adalah dengan ikan-ikannya yang berukuran besar. Kita jika berminat dapat membeli ikan-ikan super ini langsung dari nelayan setempat dan kita bisa asyik berpesta dengan makan ikan bakar yang dibeli tadi sambil menikmati pemandangan keindahan panorama Danau Ranau.

Luas Danau Ranau ini sekitar 44 km2 , area yang cukup luas untuk bisa kita berkeliling di danau ini. untuk melakukan aktifitas tersebut kita bisa menggunakan perahu motor yang biasa dusebut Ketek. Untuk menyewa Ketek ini harganya bervariasi mulai harga Rp.100.000 – Rp.250.000 tergantung tujuan yang akan kita tuju. Sedangkan bagi yang ingin melihat air terjun bisa di tempuh dengan perjalananan menggunakan angkutan darat.

Danau Ranau ini tempatnya memang terpencil tetapi meskipun begitu sudah mulai dikembangkan dengan dibangunnya sebuah hotel yang letaknya di pinggir danau. Hotel ini dikelola oleh PT Pusri. Hotel ini bisa kita sewa sebagai tempat bermalam saat berkunjung ke Danau Ranau. Namun jika kita ingin bermalam dengan harga sewa yang lebih murah disediakan pula rumah penduduk untuk tempat bermalam denagn harga sewa Rp.30.000 per malam.

Perjalanan menuju tempat wisata ini jika kita melalui bandara sultan Mahmud Badarudin II Palembang, dapat diteruskan dengan menyewa mobil menuju danau. Apabila kita menggunakan kendaraan umum kita bisa menggunakan bus ataupun jenis kendaraan lainnya di Baturaja. Transportasi lokal di Palembang hanya beroperasi saat hari pasar atau ketika pasar buka yaitu setiap hari Rabu sehingga mungkin hal ini yang menjadi kelemahan kalau kita menuju Danau Ranau menggunakan kendaraan umum.