Danau Kelimutu, Kejaiban Bagi Tanah Flores

Posted on Dec 1 2013 - 7:34am by Ivan Latifan Fadila

1121197danau-kelimutu780x390

Untuk anda yang lahir di tahun 90-an mungkin anda mengenal dan masih ingat di uang kertas nominal 5000 di situ terdapat gambar Danau Kelimutu. Danau Kelimutu yang dijadikan Icon di uang nominal 5000 di tahun 90-an tersebut merupakan salah satu keajaiban alam yang terdapat ditanah flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu memiliki nama sebutan lain yang mungkin diantara anda juga mengenal danau ini dalam sebutan lain yaitu Danau Tiga Warna. Kenapa disebut danau tiga warna? Karena danau ini memiliki tiga danau berbeda dengan warna yang berbeda pula dalam satu kawasan yang sama.

Dari ketiga danau tersebut dua diantaranya berada berdampingan sedangkan untuk danau yang satunya lagi berada terpisah dan terletak sedikit di lembah bukit. Menurut salah satu pemandu wisata yang ada disana yang bernama Marcus, mengatakan bahwa Danau kelimutu dulunya pernah berwarna merah putih dan biru seperti warna bendera Belanda.

Namun, sekarang ini warnanya berubah untuk danau yang berdampingan berwarna hijau gelap sedangkan danau yang satunya lagi berwarna hijau muda gradasi tosca. Sementara untuk danau yang lokasinya sedikit terpisah memiliki warna gelap yang cenderung berwarna kehitam-hitaman.

Menurut keyakinan penduduk setempat mengatakan bahwa Danau Kelimutu merupakan tempat berkumpulnya para roh leluhur. Berubah-ubahnya warna pada danau tersebut pun di kaitkan dengan kepercayaan para roh tersebut.

Menurut Marcus ketiga danau tersebut dinamai nama yang berbeda-beda. Untuk danau yang paling besar yang saat ini berwarna hijau gelap dinamai Atapolo dan di percaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya roh jahat. Untuk yang berwarna hijau muda gradasi tosca dinamai Nuamuri Koofai dan menurut kepercayaan masyarakat danau warna ini tempat berkumpulnya roh-roh orang muda. Sedangkan yang danau yang terakhir yang berwarna gelap bernama Mbupu, disitu menurut kepercayaan masyarakat merupakan tempat berkumpulnya roh para orang tua.

Danau kelimutu lokasinya masuk ke dalam jajaran Taman Nasional Kelimutu. Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung di kenakan tariff masuk sebesar Rp. 2.500 untuk wisatawan local dan Rp. 20.000 untuk turis asing. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi bisa berhenti di pelataran parkir yang berada di taman nasional dan berjarak 5km dari pintu masuk.

Dari sana, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menapaki bebatuan bukit. Pada samping kiri kanan jalan terdapat bebatuan yang ditumbuhi pephonan yang berfungsi untuk melindungi taman nasional. Di sepanjang perjalanan kita akan menikmati berbagai kicawan binatang hutan taman nasional.

Jalan batu yang ditapaki nantinya akan berakhir di menara pandang. Dari sanalah akan terlihat jelas ketiga danau tersebut yang mengelilingi sisi kanan dan kiri. Selain bisa melihat danau tersebut dari situ kita juga bisa melihat pemandangan kecantikan bumi flores berupa hamparan pegunungan serta hamparan hijaunya sawah dan hutan.

Komentar
Bagikan yang bermanfaat :
About the Author