Curug Cigentis Curug Indah di Karawang yang Masih Tersembunyi

0
1676

Kota Karawang sekarang ini disebut sebagai kota pangkal perjuangan walaupun masih ada yang menjulukinya sebagai kota padi. Kota yang berada di wilayah administratif Jawa Barat ini, selain mendapat julukan seperti yang disebutkan di atas juga memliki potensi tempat wisata yang cukup beragam, mulai dari wisata budaya,wisata alam, wisata religi, dan wisata sejarah.

Ragam tempat atau objek wisata yang terdapat di daerah ini tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di daerah lain walaupun mungkin belum banyak di kenal orang. Warga ibu kota yang ingin berwisata ke kota Karawang ini hanya memerlukan waktu perjalanan yang singkat yaitu sekitar 1,5 jam via jalan tol jakarta-Cikampek.

Salah satu tempat wisata yang berada di kota ini adalah Curug Cigentis yang berada di desa Mekarbuana yang berjarak 44 km dari Karawang ke arah selatan. Waktu yang ditempuh dari Karawang ke desa Mekarbuana ini menghabisan waktu sekitar 1,5 jam.Anda yang ingin berwisata ke Curug Cigentis ini bisa menggunakan kendaraan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda memilih menggunakan kendaraan umum memang Anda akan cukup dibuat repot. Pasalnya Anda harus berganti-ganti kendaraan umum untuk sampai Curug Cigentis ini. Tarif masuk kendaraan yang dikenakan oleh pengelola yaitu Rp.2.500 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Di kawasan ini juga terdapat sebuah kampung wisata yang menjadi salah satu tujuan utama tempat wisata yang dikunjungi. Kawasan ini terletak sebelum Anda sampai di Curug Cigentis. Di kampung wisata ini terdapat fasilitas outbond, villa, waterpark mini, restoran, dan ATV. Kualitas air di waterpark ini terbilang bersih dan tidak kalah dengan waterboom Mekarsari atau Cikarang Bogor. Air di waterpark ini berasal dari curug dan sungai Cigentis. Tarif yang diberlakukan di waterpark ini adalah Rp.20.000 pada akhir pekan dan Rp.15.000 pada hari biasa. Untuk makanan yang disajikan di restorannya adalah menu-menu khas Sunda yang sudah tentu bercita rasa lezat dan nikmat.

Setelah Anda mengunjungi kampung wisata ini, perjalanan dilanjutkan menuju Curug Cigentis. Curug Cigentis sendiri merupakan salah satu dari ke-7 tingkatan curug yang berada di Gunung Loji. Anda mungkin akan merasa cape dan kelelahan karena perjalanan yang akan ditempuh menuju tempat ini sedikit mendaki dan cukup terjal dan waktu yang akan Anda tempuh untuk sampai di Curug Cigentis ini kurang lebih selama 1 jam.

Perjalanan yang panjang dan melelahkan tersebut tidak akan ada apa-apanya dibandingkan dengan suguhan pemandangan menuju curug yang akan menjadi obat rasa lelah Anda. Pemandangan yang indah tersebut berasal dari perbukitan yang masih hijau alami dan berasal dari suara gemercik air. Setelah tiba di lokasi curug Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang dan Rp.5.000 untuk parkir sepeda motor dan untuk mobil dikenakan biaya parkir sebesarRp.7.000 . curug Ciogentis ini memang salah satu air terjun dan tempat wisata yang tidak kalah mempesona dengan tempat wisata berupa air terjun yang dimiliki daerah lain.