Cara Mudah Mengajukan KPR Di Bank BTN

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang wajib dipenuhi oleh setiap orang. Meskipun sifatnya wajib, tidak semua orang bisa memilikinya atau membelinya secara langsung. Berbagai hambatan seperti harga rumah yang mahal sementara dana sangat terbatas seakan menjadi problem yang sering ditemukan pada masyarakat. Untuk menyikapi keadaan seperti inilah, Bank BTN hadir memberikan solusi mengenai cara mengajukan KPR.

Hadirnya program KPR tersebut terbukti sangat membantu masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk segera memiliki rumah impian. Dengan memiliki rumah sendiri, tentu saja semakin menguntungkan untuk jangka panjangnya, karena harga property yang naik setiap tahun, sehingga  tidak ada beban lagi untuk membayar kontrakan. Lebih baik bayar cicilan daripada bayar sewa rumah.

Cara Dan Syarat Agar Permohonan KPR Diterima

Sebelum anda mengajukan KPR di bank, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan supaya dana yang anda pinjamkan dapat terpakai secara efektif. Hal  yang harua anda pertimbangkan meliputi Sesuaikan dana yang akan dipinjam dengan income bulanan, selain itu anda juga harus memiliki gambaran secara jelas apakah proses pembayaran cicilan nanti dapat menganggu financial atau tidak. Jika dalam proses ini tidak ditemukan masalah, itu artinya anda sudah siap mengajukan permohonan KPR ke bank yang bersangkutan.

Cara mengajukan KPR di bank cukup simple, asalkan anda dapat memenuhi segala persyaratan yang diperlukan, maka dana yang anda butuhkan akan segera cair dengan cepat. Syarat yang harus anda sediakan seperti Fotokopi KTP suami dan istri, akta nikah/cerai, fotokopi kartu keluarga(KK), pas foto 3×4 dan dokumen lain seperti slip gaji, NPWP dan buku tabungan 3 bulan terakhir. Bagi pemohon yang berkerja sebagai wirausaha, maka dokumen slip gaji dapat diganti dengan fotokopi SIUP dan surat keterangan penghasilan yang ditandatangani lurah setempat.

Selain itu pemohon juga wajib menyertakan dokumen anggunan seperti fotokopi Sertifikat Hak Miliki (SHM) tanah dan bangunan atau bisa juga IMB. Nanti setelah selesai mengisi formulir pengajuan KPR dan melangkapi semua syaratnya, akan ada pihak bank yang datang ke rumah untuk menaksir nilai bangunan, perlu diketahui pemohon hanya bisa meminjam sebesar 70 persen dari total nilai anggunan.

Demikianlah cara mengajukan KPR di Bank, lama atau tidaknya proses pencairan dana tergantung dari berapa besar pinjaman dan persyaratan lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca yang mungkin saja tengah berencana mengajukan KPR.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan