Cara Menyilangkan Aglaonema Sendiri Dirumah

0
692

Anda bisa mencoba menyilangkan aglaonema sendiri dirumah, agar bisa mendapatkan jenis baru yang belum ada di pasaran. Cara menyilangkan ini tidak terlalu sulit, tunggulan bunga aglaonema muncul dan dari bunga inilah, kita bisa melakukan persilangan.

Terserah, jenis apa yang hendak disilangkan. Mana yang dijadikan induk betina, mana pula yang jadi induk pejantan, semuanya pun terserah kita. Siapa tahu, dari main main, kita bisa menghasilkan aglaonema yang unik. Yuk, kita coba!

Tahapan Menyilangkan Tanaman Aglaonema

Menyilangkan tanaman aglaonema dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan untuk melakukan penyilangan ini.

Serbuk sari dan Putik

Amati benar ketika bunga tanaman aglaonema mulai bermekaran, misalnya jenis Suksom. Lihatlah bagian tongkol bunga, apakah terdapat serbuk (mirip bedak) atau tidak. Jika ada, berarti serbuk sari  bisa dijadikan induk pejantan. Perhatikan pula bagian bawah tongkol bunga aglaonema lain yang akan dijadikan indukan betina.

Penyerbukan

Gunakan kuas bersih untuk mengambil serbuk sari, lalu oleskan merata ke putiknya. Setelah itu, tanaman yang sudah diserbuki dikerudung dengan kantok plastik agar aman dan kelembapan terjaga.

Pagi Hari

Sebaiknya penyilangan dilakukan dilakukan pada pagi hari pukul 7.00 – 9.00. Jika terlalu siang, biasanya serbuk sari sudah rontok.

Terbentuk Buah

Penyilangan berhasil jika terbentuk buah. Satu tongkol aglaonema bisa menghasilkan 10 – 30 buah. Sedangkan seludang bunga lainnya biasanya mengering.

Petik Buah

Sekitar enam bulan kemudian, buah hasil penyerbukan bisa dipetik dan diseleksi untuk mendapatkan buah yang siap tanam. Ciri ciri buah yang baik adalah tidak tererang hama dan penyakit, serta berwarna hijau dan siap dipetik setelah berwarna merah. Sementara itu, biji yang siap ditanam berwarna kecoklatan. Sebelum biji ditanam, kulit buahnya harus dikupas.

Beberapa Hal Yang Perlu Diwaspadai

Dalam menyilangkan tanaman aglaonema di rumah, ada beberapa faktor yang perlu anda waspadai karena dapat menggagalkan usaha anda. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hama

Serangan hama khususnya berbagai jenis belalang dapat membuat daun tanaman hias ini habis dimakannya. Jika sampai daun tanaman habis karena dimakan belalang maka kemungkinan munculnya bunga sangatlah kecil. Oleh sebab itu pastikan anda menjaga tanaman anda dari serangan hama tersebut.

2. Kelembapan Udara

Udara yang terlalu tinggi kelembapannya dapat menyebabkan bunga tanaman aglaonema membusuk. Oleh karena itu pastikan anda menaruh tanaman aglaonema di daerah yang terbuka sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika cuaca sedang memasuki penghujan, taruhlah tanaman anda di tempat yang terlindungi dari air hujan. Anda bisa membuatkan atap diatas tanaman anda, tidak perlu terlalu bagus cukup gunakan papan saja.

3. Sengatan Sinar Matahari Tanaman aglaonema termasuk ke dalam jenis yang tidak tahan terkena sengatan sinar matahari siang. Oleh karena itu sebaiknya anda menaruh tanaman anda pada tempat yang teduh sehingga usaha penyilangan anda dapat berlangsung dengan baik.