Candi Perambanan yang Sangat Melegenda

Budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang Indonesia bukan hanya sekedar adat bangsa yang berbeda-beda, namun terdapat sebuah artifak yang menjadi saksi bisu adanya kebudayaan nenenk moyang yang kental dengan adat Hindu. Salah satunya adalah candi Prambanan yang merupakan tempat wisata populer di Indonesia, bangunan Hindu pada abad ke-10 ini setinggi 47 meter menjulang ke atas dan dari segi bangunannya bagaikan gedung berlantai yang indah dengan arsitektur yang canggih di abad ke-10. Di Candi tedapat sebuah Legenda yang kental dengan cerita cinta, konon pada abad ke-9 seorang lelaki yang mencintai wanita yang bernama Roro Jonggrang telah menerima suatu tantangan. Banung Bondowoso nama lelaki tersebut, telah ditolak dengan satu syarat. Jika ia bisa membuat Arca sebanyak 1000 buah dalam satu malam maka dia akan menerima cintanya. Lelaki itu pun dengan segenap kekuatannya dan bala bantuan orang-orang yang bersamanya, alhasil arca pun dibuat namun jumlahnya hanya 999. Dan cinta pun ditolak, namun lelaki itu mengutuk Roro Jonggrang sebagai Arca yang ke1000. Para wisatawan tentu sangat tertarik dengan sebuah cerita legenda, harga tiket masuk Candi Prambanan pun tergolong murah yakni sebesar Rp. 30.000 rupiah saja.

Pada halaman UTAMA Candi Siwa , Wisnu, dan Brahma adalah 3 candi utama yang berada di Pambanan ini. Dihubungkan dengan ajaran trimurti sebagai suatu kepercayaan agama Hindu, ke arah timur lah candi ini menghadapnya dengan setiap candi mempunyai 1 candi pendamping. Juga terdapat candi apit yang jumlahnya ada 2, candi kelir, dan candi sudut. Dan pada halaman KEDUA terdapat 224 candi, sangat banyak sekali yang mungkin jika dihitung mencapai ratusan atau apakah candi tersebut berjumlah sesuai dengan cerita sang legenda Bandung Bondowoso?

Candi tertinggi adalah candi Siwa yang disana terdapat 4 ruang dengan 4 Arca yang dianggap dewa bagi para Ajaran Hindu. Diantaranya Arca Siwa, Arca Durga, Arca Agastya, dan Arca Ganesha. Semuanya sangat berhubungan sebagai sebuah keluarga seperti Arca Durga yang dianggap sebagai Roro Jonggrang dari cerita legenda tadi. Arca Agstya adalah Guru dari Siwa, dan Arca Ganesha adalah putra dari Siwa.

Disana banyak juga cerita legenda lain seperti hewan-hewan yang dikeramatkan yang terpangpang dalam sebuah artifak. Karya seni yang sangat luar biasa sekali karena pada abad ke-10 tentu belum ada perekat seperti semen pada zaman sekarang, juga batu bata yang digunakan begitu rekat sampai berabad-abad pun tetap kuat dan menjadi simbol kejayaan. Sebuah harga tiket masuk Candi Prambanan bisa dijadikan sebagai tempatĀ  untuk berwisata sekaligus belajar mengetahui tentang sejarah kebudayaan yang super hebat.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan