Candi Bubrah di Jawa Tengah, Bangunan Candi yang Masih Terpinggirkan

0
339

Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang diwarisi banyak bangunan candi dengan nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Peninggalan bangunan candi tersebut menjadi aset tersendiri bagi Provinsi Jawa tengah yang dapat menambah pendapatan daerahnya dari sektor pariwisata tersebut. Bangunan candi di Jawa Tengah tersebut menyimpan bukti peradaban masa lalu yang tak kalah hebatnya dengan kemajuan peradaban pada masa sekarang. Bangunan candi yang syarat dengan nilai sejarah tersebut, sudah sepatutnya tetap diperhatikan dan dijaga kelestariannya agar tetap menjadi bangunan masa lalu yang membanggakan.

Memang masih terdapat bangunan candi di Jawa Tengah yang kondisinya belum mendapat perhatian yang lebih serius. Candi tersebut adalah Candi Bubrah yang masih termasuk dalam kawasan wisata Candi Prambanan. Pada kawasan Candi Prambanan tersebut, Candi Bubrah mungkin satu-satunya bangunan candiyang tidak memiliki candi perwira. Bagi anda yang ingin mengunjungi Candi Bubrah tersebut, dapat menempuhnya dengan berjalan kaki dari Candi Prambanan sejauh 500 meter. Atau jika anda sedang berada di komplek Candi Lumbung, Candi Bubrah hanya terpaut jarak 200 meter saja dari lokasi anda.

Anda tak perlu khawatir akan tersesat karena sudah banyak terpasang fasilitas penunjuk arah yang terpampang sangat jelas. Candi Bubrah ini memang merupakan candi yang kondisinya sudah tidak utuh lagi. Bila anda memperhatikan lebih cermat lagi, Candi Bubrah tersebut tinggal tersisa bagian kaki candinya saja dengan tinggi sekitar dua meter. Dengan kondisi tersebut, maka tak heran Candi Bubrah di Jawa Tengah ini kurang begitu banyak dilirik orang. Candi Bubrah di Jawa tengah tersebut merupakan sebuah candi Budha, itu jelas terbukti dari terdapatnya arca-arca Budha yang tersebar di sekitar Candi Bubrah berdiri.

Arca-arca yang tersebar di sekitar Candi Bubrah sayangnya merupakan arca tanpa kepala. Bila anda masuk ke bagian tengah candi tersebut, maka anda akan menjumpai sebuah lubang yang terlihat mirip dengan sumur dengan kedalaman sekitar 2 meter. Candi yang dibangun dari batuan andesit ini juga tidak mempunya relief yang biasanya terdapat pada bangunan sebuah candi. Dibagian luar Candi Bubrah tersebut, maka anda pun dapat menjumpai beberapa tumpukan batu yang berasal dari reruntuhan Candi Bubrah. Candi Bubrah memang terlihat belum mendapat sentuhan renovasi terlihat dari bangunanya yang kurang begitu terawat. Padahal bisa saja Candi Bubrah di Jawa Tengah tersebut menjadi tempat yang banyak menyedot perhatian dan mengundang lebih banyak wisatawan lagi jika telah mendapatkan proses renovasi.