Berwisata Ziarah ke Makam Bung Karno: Bentuk Penghargaan Atas Jasa Sang Proklamator

0
626

Jika anda sedang berada di Jawa Timur khususnya berada di Kota Blitar dan ingin melakukan kegiatan wisata yang menarik anda bisa mencoba mengunjungi satu tempat wisata yang memiki nilai edukasi dan sejarah yaitu makam Ir. Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia dan seorang proklamator yang sangat besar jasanya kepada negara tercinta kita Indonesia.

Makam Ir. Soekarno terletak di sebuah komplek pemakaman yang memilki luas 1,8 m2 . Komplek makam Ir.Soekarno ini berada di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Di komplek pemakaman ini bukan hanya terdapat makam dari sang proklamator tetapi terdapat juga bagunan lain yaitu museum dan gedung perpustakaan yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung.   Di perpusatakaan dan museum dan tersebut tersimpan berbagai koleksi lukisan yang merupakn benda peninggalan presiden Soekarno. Bagian luar bangunan perputakaan dan museum ini pengunjung dapat melihat ornamen patung dan relief yang mengisahkan perjalanan sang presiden pertama RI tersebut. Bangunan museum dan perpustakaan yang terdapat di komplek makam Ir. Soekarno sering disebut juga dengan Gedung Persada Soekarno yang peresmian gedung ini di resmikan oleh presiden ke 5 Indonesia yang juga meupakan anak kandung dari presiden Soekarno yaitu presiden Megawati Soekarno Putri.

Makam presiden Soekarno sendiri berdesain joglo. Makam atau yang biasa disebut juga sebagai cungkup itu diberi nama Astono Mulyo. Diatas makam sang proklamator pengunjung dapat menjumpai sebuah batu pualam hitam dan pada batu tersebut terdapat sebuah tulisan. Saat mengunjungi makam Ir.Soekarno pengunjungpun dapat bersantai di gazebo yang terdapat disekitar makam. Masih disekitaran makan juga taelah tersedia fasilitas mushola dan taman yang membuat keadaan di sekitar makam presiden Soekarno terlihat begitu nyaman dan asri.

Makam sang proklamator bangsa ini diresmikan oleh Presiden Soeharto yaitu pada tangal 21 Juni. Wisata sejarah dan ziarah presiden Soekarno ini berjarak sekitar 2,5 kilometer dari alun-alun Kota Blitar sedangkan dari terminal berjarak sekitar 6 kilometer. Kompleks makam ini sangat mudah diakses dan di jangkau karena berada di tepi jalan raya yang ramai. Pengunjung yang ingin mengunjungi makam presiden Soekarno harus melewati pos penjaga. Saat berada di sini pengunjung diminta untuk mengisi buku tamu dan apa maksud datang ke tempat ini. Mengunjungi kompleks makam Ir. Soekarno setidaknya adalah sebagai rasa penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa beliau yang begitu besar jasanya kepada Bangsa Indonesia tercinta ini.