Berwisata Sejarah ke Kota Tua Muntok di Provinsi Bangka Belitung

0
359

Beriwisata ke Pulau Bangka Belitung anda tak akan hanya disuguhi dengan keindahan daerah pantainya yang sungguh menawan dan memukau. Saat anda berada di pulau yang dianugerahi dengan keindahan luar biasa tersebut, anda pun masih dapat menikmati sajian menarik lainnya yang tentu tidak kalah menarik dan serunya dibandingkan dengan tampilan keindahan pantai di Bangka Belitung yang memang menjadi objek wisata andalan daerah tersebut. Bangka Belitung adalah sebuah daerah yang memiliki begitu banyak tempat menarik yang dapat menjadi tujuan atau destinasi wisata anda saat menghabiskan hari-hari menyenangkan di Provinsi Bangka Belitung.

Salah satu tempat yang sangat wajib untuk anda kunjungi saat berwisata di Bangka Belitung yaitu singgah di kota tua Muntok. Berkunjung ke kota tua Muntok adalah sebuah wisata sejarah yang akan membuat anda semakin merasa nyaman dan betah lagi berada di Provinsi Bangka Belitung. Muntok sendiri adalah sebuah kota yang menjadi ibukota Kabupaten Bangka Barat yang menurut wilayah administratif kota tersebut berada di sebelah barat Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Kota Muntok yang unik adalah kota yang terpisahkan jarak sekitar 140 kilometer dari pusat pemerintahan Provinsi Bangka Belitung yaitu Kota Pangkalpinang.

Kota Muntok di Bangka Belitung pada masa silam merupakan kota pelabuhan yang memiliki peran yang sangat penting. Lewat Kota Muntok tersebutlah lada putih serta biji timah yang menjadi komoditas unggulan diangkut oleh kapal-kapal milik pemerintah kolonial Belanda menuju daratan Eropa. Begitu berperan pentingnya Kota Muntok pada masa lalu menjadikan banyak warisan bangunan bersejarah masa lalu yang berdiri di Muntok dan masih dapat dijumpai saat ini. Bangunan-bangunan tua yang masih berdiri kokohnya di Kota Muntok tersebut menjadi saksi perjalanan sejarah yang pernah terjadi di kota tersebut.

Anda yang berkunjung ke kota tua Muntok dapat menjumpai bangunan tempo dulu warisan pemerintah kolonial Belanda yang bernilai sejarah tinggi. Namun selain bangunan dengan nuansa kolonial yang beaura kuat saat anda berada di kota tua Muntok anda pun masih dapat melihat bangunan unik lainnya yang bernuansa China dan Melayu. Bangunan kuno yang berdiri anggun tersebut adalah sebuah objek pemandangan yang sangat menarik, suatu maha karya yang sudah sewajarnya harus tetap dilestarikan sebagai suatu aset budaya. Bangunan-bangunan kuno yang terdapat di Kota Muntok tersebut secara umum terbagi kedalam tiga kawasan yakni Kampung Eropa, Kampung Melayu, dan Kampung China.

Kunjungan wisata ke Kota Muntok akan semakin bertambah sempurna ketika anda mengunjungi gedung tua yang mempunyai peran begitu terkenal dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Bangunan atau gedung tua tersebut yaitu Wisma Ranggan dan Pesanggrahan Menumbing. Kedua gedung tua tersebut menurut berita sempat dijadikan tempat pengasingan proklamator Bangsa Indonesia yaitu Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta yang dibuang oleh Belanda pada tahun 1948 – 1949. Diriwayatkan pula selain kedua proklamator bangsa tersebut masih ada tokoh penting bangsa lainnya yang pernah diasingkan ke gedung tersebut. Singgah di Kota Muntok tersebut memang dapat memberi pengetahuan baru kita tentang perjalanan sejarah bangsa sendiri.