Berwisata ke Cu Chi Tunnel yang Sarat dengan Sejarah Perang Vietnam

0
711

Vietnam negara di Asia Tenggara yang pernah mengalami atmosfer perang yang saat itu menjadi perhatian dunia. Perang yang dikenal dengan nama perang Vietnam tersebut terjadi pada tahun 70-an yang menjadi sejarah perjalanan Bangsa Vietnam dalam melawan penjajahan Bangsa Amerika. Banyak tempat yang kala itu menjadi bagian dalam panasnya suasana perang Vietnam kini menjadi tempat menarik yang banyak dikunjungi para wisatawan untuk lebih mengetahui sejarah yang terjadi dan sedikit merasakan suasana perang yang tengah terjadi saat itu.

Satu tempat yang menjadi saksi sejarah dan mempunyai peran penting bagi perjuangan gerilyawan Vietnam untuk melawan tentara Amerika yaitu Cu Chi Tunnel yang bisa ditempuh dari Kota Ho Chi Minh City selama satu jam perjalanan. Kita saat ingin mengunjungi tempat bersejarah ini dapat membeli paket tur yang  bisa didapat melalui agen perjalanan dengan harga half day tour package sebesar USD 16 per orangnya. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk, transport, dan pelayanan jasa tour guide.

Saat dalam perjalanan menuju Ci Chi Tunnel ini tour gide akan membawa kita singgah di sebuah workshop. Workshop tersebut merupakan sebuah tempat pembuatan kerajinan tangan khas Vietnam yang dikerjakan oleh orang-orang yang mempunyai kekurangan fisik atau cacat. Para perajin yang mempunyai keterbatasan fisik tersebut menurut penjelasan tour guide ada diantaranya yang merupakan korban perang Vietnam yang sungguh menggemparkan tersebut. Selain singgah di sebuah workshop kitapun saat dalam perjalanan menuju CuChi Tunnel yang bersejarah tersebut kita akan melihat pemandangan perkebunan karet yang cukup menyejukan suasana.

Setelah kita sampai di Cu Chi Tunnel tour guide akan membawa kita melalui check point ticket yaitu sebuah sebuah terowongan bawah tanah yang berada di bawah jalan. Terowongan ini menurut penjelasan tour guide saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Didalam terowongan ini terdapat ruangan bunker, ruang untuk memasak, ruang makan, dan juga terdapat ruang untuk melakukan pertemuan. Terowongan ini juga telah didesain sedemikian rupa agar para tentara Vietnam yang berada di dalam terowongan tersebut aman dari ancaman bahaya tentara Amerika. Misalnya terowongan ini sudah dilengkapi dengan dengan sistem fentilasi khusus untuk asupan oksigen di dalam terowongan sehingga para tentara bisa tercukupi bernafas dengan aman. Ada hal unik lainnya saat kita berada di terowongan ini, yaitu dimana kita melihat cara perempuan Vietnam dalam menyajikan makanan untuk para pejuang yang diatur dengan tekhnik tertentu yang mengedapankan keselamatan para penghuni terowongan. Misalnya sistem pembuangan asap saat memasak yang dialirkan melalui saluran udara yang disiasati dengan menumpuk daun-daun di atas saluran udaranya. Daun-daun penyamar ini selalu diganti setiap harinya supaya tentara Amerika tidak mencurigainya. Para perempuan ini selalu memasak di pagi hari agar asap yang keluar akibat proses memasak bisa sedikit tersamar dengan kabut yang selalu nampak setiap paginya. Satu hal menarik yang akan membuat kita merasa kagum.

Saat berunjung ke Ci Chu Tunnel inipun kita dapat melihat beberapa lubang jebakan untuk menjebak tentara Amerika. Bunker yang terdapat di terowongan ini selain sebagai tempat untuk menyimpan senjata juga berfungsi sebagai tempat untuk membuat berbagai senjata dan tempat pembuatan sepatu dan sandal untuk keperluan para tentara Vietnam. Kita pun bisa mencoba merasakan sensasi menembak dengan menggunakan senjata asli yang digunakan saat terjadi perang dahulu atau melihat para perempuan Vietnam yang tengah membuat rice paper yaitu makanan yang dibuat untuk para tentara Vietnam yang berjuang untuk kemerdekaan negaranya. Sungguh petualangan berwisata yang luar biasa serunya.