Berwisata Alam Sekaligus Berwisata Kuliner di Pantai Baron

0
853

Wisata yang menawarkan keeksotikan pantai di Provinsi Yogyakarta tidak hanya di Pantai Parang Tritis saja. Masih ada pilihan lain yang tidak kalah menariknya jika Anda ingin pergi berwisata ke daerah pantai di Provinsi Yogyakarta. Salah satu yang direkomendasikan adalah Pantai Baron, pantai yang berombak besar yang banyak juga dikunjungi oleh wisatawan asing yang berlibur di Yogyakarta. Pemandangan di tawarkan Pantai Baron ini sungguh menawan tergambar indah dan begitu cantiknya juga olahan hasil lautnya yang terkenal spesial dan pasti akan memanjakan lidah setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Ombaknya yang besar memang sangat menggoda bagi para pengunjung untuk bisa berenang di pantai ini. Namun bagi pengunjung yang ingin berenang harus berhati-hati dan tidak boleh asal melewati batas pantai yang sudah ditentukan para penjaga pantai.

Pantai Baron ini secara administratif terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari atau jaraknya sekitar 20 kilometer arah selatan Kota Wonosari. Pantai Baron ini memang memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan pantai lain yaitu pantai ini merupakan pantai yang menjadi pertemuan antara air laut dengan air tawar yag berasal dari sungai kemudian bermuara di satu sudut di daerah wisata Pantai Baron.

Pantai Baron juga sangat kaya dengan hasil lautnya melimpah. Hasil laut yang dihasilkan Pantai Baron itu diantaranya seperti ikan bawal putih, udang besar (lobster), ikan tongkol ataupun kakap yang siap Anda nikmati dan bisa memanjakan lidah tentunya. Ikan- ikan tersebut dijamin pasti masih segar-segar. Selain itu pengunjung juga akan disuguhi pemandangan hamparan laut yang biru yang indah dengan desiran lembut angin menuju hamparan pasir pantai.

Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang diapit oleh dua buah bukit disisi kanan dan kiri. Jarak pantai ini dari Kota Yogyakarta sekitar 65 kilometer. Mengunjungi pantai ini tidak perlu membutuhkan biaya yang besar karena harga tiket yang dikenakan kepada para pengunjung cukup murah dan terjangkau. Tiket masuk ke Pantai Baron ini hanya sebesar Rp.5.000 saja. Pantai Baron ini juga merupakan dermaga bagi nelayan yang akan mencari ikan di laut makanya di tempat ini juga terdapat tempat pelelangan ikan untuk menjual hasil tangkapan para nelayan. Pantai indah ini memiliki pasir pantai yang berwarna cokelat dan pantai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata yang menyuguhkan wisata alam dan wisata kuliner.

Akses menuju Pantai Baron ini sangat mudah dengan pilihan berbagai alat transportasi yang bisa digunakan seperti dengan menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum dengan bus maupun taksi. Jalur yang harus dilalui bila ingin menggunakan kendaraan umum adalah dari Stasiun Tugu lanjut menuju Terminal Giwangan yang dapat ditempuh dengan bus Trans-Jogja jurusan 1A sedangkan dari shelter Bandara Adi Sucipto terlebih dahulu harus pindah bus jalur 3B yakni yang menuju Terminal Giwangan. Ongkosnya sebesar Rp.3.000 sekali jalan. Sampai di Terminal Giwangan dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Yogyakarta – Wonosari dengan waktu perjalanan yang akan ditempuh selama 1 jam sampai 2 jam. Sesampainya di Wonosari perjalanan diteruskan menggunakan minibus yang akan menuju Pantai Baron.