Berpetualang Memacu Adrenalin ke Gunung Dempo

0
1260

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan yang memiliki tinggi 3195 meter dpl. Gunung Dempo menjadi tempat yang menarik dan menantang bagi pendaki untuk menaklukkan gunung ini dan mencapai puncak tertingginya. Bagi mereka yang suka dengan kegiatan mendaki gunung, dapat menaklukan gunung tertinggi ini menjadi suatu kebanggaan yang tidak bisa dinilai harganya. Gunung Dempo ini juga menjadi salah satu puncak tertinggi di pegunungan bukit barisan bersama Gunung Marapi yang sama-sama berada di pulau Sumatera. Menikmati merdunya kicauan burung dengan dihiasi pemandangan langit pagi hari yang menampilkan indahnya cahaya sang surya yang baru bersinar membuat awal kita yang ingin melakukan pendakian ke gunung ini akan semakin bersemangat dan tidak sabar untuk memulai tantangan.

Gunung Dempo sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Pagar Alam. Gunung ini menjadi pembatas alam yang memisahkan Propinsi Bengkulu dengan Propinsi Sumatera Selatan. Perjalananan kita yang ingin menuju ke gunung ini akan sangat istimewa karena sepanjang perjalanan menuju tempat menantang ini akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa memukau, seperti pemandangan tebing dan lembah yang begitu eksotik sehingga udarapun akan sangat segar dan sejuk terasa. Sapaan hangat dari perkebunan teh yang terhampar begitu hijau dan luasnya akan semakinmembuat kita tidak pernah menyesal mengunjungi gunung ini yang berada tidak jauh lagi dari pandangan mata. Gambaran alam tersebut seolah sesuai dengan nama Kabupaten Pagar Alam ini yang benar-benar daerahnya di pagari dan dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan yang cantik dan menawan.

Kabupaten Pagar Alam dengan nuansa alam yang luar biasa dapat ditempuh dari Kota Palembang dengan waktu perjalanan selama 7 jam. Setelah sampai di pusat Kota Pagar Alam masih harus menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer lagi untuk mencapai dan melakukan pendakian ke Gunung Dempo. Namun pengorbanan yang kita tempuh untuk untuk sampai di Gunung Dempo ini tidak akan ada apa-apanya dan akan terlunaskan dengan sajian pemandangan alam yang masih akan kita nikmati. Suasana alam yang tak bisa terungkapkan itu akan menjadi obat lelah kita saat mendaki gunung ini. Apalagi saat kita berhasil mencapai puncak gunung megah ini merupakan suatu kebanggaan dan kepuasaan tersendiri yang tidak bisa dinilai dan dibayar oleh materi. Suguhan ekstra diberikan Gunung Dempo ini dengan tampilan kawah yang masih aktif dan mengepul kepada kita yang berhasil menaklukan puncak gunung ini. Pemandangan yang sungguh luar biasa.

Kegiatan utama yang bisa kita lakukan di gunung ini yang utama memang hiking dan trekking. Jalur atau trek pendakian ke puncak Gunung Dempo ini memang menantang dan cukup membangkitkan adrenalin pendaki. Terdapat 2 pos yang harus dilalui pendaki di jalur pendakian gunung ini. Kita juga dapat melihat sebuah situs pra-sejarah yang terletak masih sekitar daerah Pagar Alam. Situs peninggalan zaman megalitikum yang disebut Tangga Batu itu meninggalkan peninggalan bukti sejarah berupa pahatan batu yang membentuk kepala manusia dan hewan.Tidak jauh dari kawasan Gunung Dempo kita dapat berkunjung ke Air Terjun Lematang Indah yang akan semakin membuat fikiran kita fresh dan jernih kembali karena pemandangan yang tidak kalah memukaunya yang disajikan tempat ini. Kita bisa melakukan arung jeram yang mengasyikan di sungai Air Terjun Lematang Indah ini.

Kita yang ingin melakukan petualangan ke Gunung Dempo ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Titik awal pendakiank e Gunung Dempo ini dimulai dari kawasan pabrik teh PTPN III yang berada di desa terdekat dikaki Gunung Dempo yang disebut Kampung Empat. Cobalah berpetualang menaklukan puncak tertinggi di Sumatera Selatan ini dijamin pasti serrruu!!!!