Berpetualang di Kawah Kamojang

Garut memiliki sumber daya alam yang sangat potensial, di samping itu banyak tempat wisata garut yang merupakan hasil karya alam itu sendiri. Contohnya curug-curugnya yang masih sangat alami, pantainya yang indah, gunung-gunung yang memberikan udara sejuk alam sekitarnya, kawah yang eksotis dan masih banyak lagi. Kali ini saya ingin bercerita tentang salah satu kawah yang ada di Garut, yaitu kawah Kamojang.

Kawah kamojang ini terletak di daerah Kamojang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Kamojang merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota. Udara di sekitar Kawah Kamojang ini sangat dingin dingin karena terletak di bawah kaki gunung. Yang menarik di kamojang ini adalah semburan kawah yang berada di beberapa titik di daerah kawah Kamojang. Salah satunya ada kawah yang diberi nama kawah kereta api, kawah tersebut menyemburkan uap panas yang sangat kuat, hingga menimbulkan suara gemuruh yang nyaring sekali maka dari itu dinamakan kawah kereta api. Ada juga semburan uapnya tidak terlalu kuat dan sering di jadikan tempat terapi untuk penyembuhan berbagai penyakit, khusunya penyakit kulit. Yang menarik disini hanya semburan uap kawah tersebut hanya nurut atau patuh pada kuncen kawah, dengan panduan seorang kuncen uap kawah tersebut mengikuti arah atau perintah sang kuncen, semburannya bisa diperbesar atau di perkecil lho. Sungguh ajaib memang. Dan yang menarik lagi ketka sang kuncen membawa beberapa butir telur mentah, lalu sang kuncen mencelupkannya ke ke air panas kawah tersebut, hanya dengan waktu sepuluh menit saja terlur tersebut sudah matang dan bisa di konsumsi.

Akses menuju kawah kamojang ini memerlukan sedikit usaha lebih, karena kondisi jalan yang lumayan rusak dan terjal, mengharuskan bagi yang mengendarai kendaraan bermotor berhati-hati , dan disarankan memakai ban khusus untuk kendaraan gunung. Jika di paksakan akan beresiko, terutama menuju kawah Kamojang anda akan melalui beberapa tanjakan, ada tanjakan yang paling ekstrim, namanya tanjakan monteng. Selain itu di Kamojang ini kita akan di suguhkan pemandangan danau yang indah, danau tersebut di beri nama danau ci beurem, dan hutan pinus yang sejuk. Jadi bagi anda yang suka berpetualang, dan hobi motocross, Kamojang lah tempat yang paling cocok.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan