Berenang dan Berpetualang di Taman Wisata Wendit, Malang

0
1235

Kota Malang seringkali dijuluki sebagai ”Paris of East Java” karena kesejukan dan keindahan kotanya yang mirip kota di Perancis tersebut. Beragam objek wisata di tawarkan oleh kota ini yang selain menawarkan keindahan dan keasrian kotanya juga terdapat wisata di daerah pantai yang selalu menjadi primadona kota ini. Ada juga tawaran berwisata alam yang berupa pemandian alami misalnya Pemandian Wendit.

Pemandian atau Taman Wisata Wendit berada di Desa mangliawan, kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini dari pusat Kota Malang berjarak 8 km. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda tinggal menuju jalur utama menuju Gunung Bromo kemudian melalui Tumpang. Pemandian Wendit ini memiliki luas lahan sekitar 9 hektare dan merupakan tempat wisata yang dapat dijadikan mejadi tempat yang memiliki fungsi lengkap untuk berwisata yang mencakup wisata sejarah, olahraga air, konservasi hutan kota, dan pendidikan. Sumber air untuk untuk memasok kebutuhan air Pemandian Wendit ini juga digunakan sebagai sumber air untuk PDAM di Kota malang.

Taman Wisata Wendit mulai dibuka untuk umum pada tanggal 11 Mei 2008 dengan menyandang nama baru yaitu Wendit Water Park. Tempat wisata inipun telah mengalami beberapa kali proses renovasi antara tahun 2006 – 2008. Taman Wisata Wendit merupakan pemandian umum dengan fasilitas kolam renang alami dan juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang rekreasi yang lain seperti kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, kolam arus, kolam spa, area pemancingan, carousel, waterboom, worm coaster, bombom car, perahu angsa, mandi bola, sepeda air, delman domba, sepeda trail, flying fox, ATV, kantin, restoran apung, cottage, tempay outbond, dan yang lainnya. Selain itu terdapat juga arena permainan anak dan bagi yang ingin membeli makanan di tempat ini sudah terdapat kios yang menjual aneka makanan sehingga tidak usah khawatir akan kelaparan. Kios di sini di tata dengan pembangunan trotoar dan taman yang memperindah suasana di tempat wisata ini.

Pengelola Taman Wisata Wendit mengenakan tarif Rp.10.000 bagi orang dewasa dan Rp.5.000 untuk anak-anak. Biaya tambahan untuk menikmati fasilitas di tempat wisata ini memang bervariasi bahkan ada yang tergolong mahal. Harga yang tergolong mahal tersebut adalah untuk menikmati layanan salon dan spa dengan biaya yang harus dikeluarkan pengunjung sebesar Rp.200.000 lalu ketika pengunjung ingin memasuki area makam Mbah Kabul tiket yang dikenakan kepada pengunjung adalah Rp.500.000. untuk menikmati fasilitas lainnya dipatok dengan harga yang standar mulai dariRp.5.000 – Rp.25.000.

Akses dan akomodasi menuju tempat wisata ini sangat mudah dijangkau bagi pengunjung baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari Bandara Abdulrahman Saleh tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Tempat ini pantas dijadikan destinasi tempat wisata yang akan dikunjungi Anda saat liburan dan waktu senggang tiba.