Benteng Portugis, Benda Cagar Budaya dengan Keindahan Alam yang Luar Biasa

0
1005

Bangunan bersejarah seperti benteng merupakan bangunan yang mempunyai nilai sejarah tinggi dan mempunyai peran penting dalam perjalanan sejarah suatu bangsa. Bangunan benteng yang mempunyai nilai seni tersendiri dan gaya arsitektur yaang menarik tersebut menjadi peninggalan yang begitu berharga yang dapat dijadikan daya tarik atau aset penting suatu negara. Indonesia salah satu negara yang mempunyai perjalanan sejarah panjang di dunia juga memiliki cukup banyak bangunan benteng yang unik dan berciri khas bekas peninggalan saat masa penjajahan dahulu. Satu diantaranya yaitu Benteng Portugis yang berada di Jepara.

Benteng Jepara yang menjadi saksi perjalanan sejarah di Kabupaten Jepara tersebut menjadi Benda Cagar Budaya yang harus tetap dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah daerah setempat. Karena bangunan benteng yang berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo ini merupakan bangunan yang menjadi saksi perkembangan Kabupaten Jepara yang mempunyai niai edukatif dan rekreatif. Bangunan peninggalan sejarah ini tentunya jika terkelola dengan baik akan mendatangkan banyak wisatawan yang akan menjadi sumber devisa bagi Kabupaten di pesisir pantai utara Jawa ini.

Berwisata ke Benteng Portugis pengunjung bukan hanya disuguhkan dengan bangunan yang unik dan megah namun juga dimanjakan dengan panorama alam di sekitar Benteng portugis ini yang begitu menambah keindahan saat berwisata. Para pengunjung akan dibuat terpesona dan betah dengan keindahan panorama alam tersebut yang dapat mengabadikan moment terindah dengan foto yang berlatar belakang pemandangan alam yang eksotis. Panorama dan keindahan alam yang dapat pengunjung saksikan dan jumpai saat berwisata ke Benteng Portugis yaitu pemandangan bukit, laut, gunung cagar alam Clering, pantai, juga eksotisme hamparan batuan sedimen yang menjadikan kegiatan berwisata semakin menyenangkan. Satu hal yang masih dapat pengunjunga saksikan saat berwisata ke Benteng Portugis adalah melihat pemandangan Pulau Mondoliko yang menawan yang terletak di sebelah utara Benteng Portugis.

Berwisata dengan suguhan pemandangan keindahan alam yang begitu memanjakan mata membuat berwisata mengunjungi Benteng Portugis ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk menciptakan kesan liburan yang akan selalu berbekas. Bahkan keindahan yang ditawarkan tersebut menjadi suatu hal yang menarik para wisatawan mancanegara untuk datang ke tempat indah ini. Memang banyak hal dan kegiatan menarik yang dapat dilakukan pengunjung saat berada di Benteng Portugis ini. Seperti kegitatan tracking dan hiking dengan menelusuri bukit benteng yang akan memicu adrenalin para para pemanjatnya. Atau untuk menikmati suasana keadaan alam yang lebih intens lagi pengunjung dapat melakukan kegiatan berkemah yang mengasyikan dan juga outbond yang luar biasa mengesankan.

Kawasan wisata Benteng portugis ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman berada di tempat wisata ini. Fasilitas yang sudah tersedia tersebut seperti mushola, tolet umum, lampu penerangan, panggung gembira, aneka mainan untuk anak-anak, tempat parkir yang memadai dan berbagai fasilitas lainnya. Tentunya dengan segala fasilitas yang telah tersedia tersebut membuat para pengunjung yang berwisata ke Benteng Portugis semakin betah dan ingin lebih lama lagi menikmati suasana keceriaan berwisata ke bagunan cagar budaya tersebut.