Bahan Makanan Bayi 1 Tahun Yang Mengandung Banyak Nutrisi

Pada usia 1 tahun, bayi mempunyai kecepatan pertumbuhan yang sangat pesat. Dalam mengimbanginya, Anda harus memastikan untuk memberi makanan bayi 1 tahun dengan tepat. Memasuki usia 1 tahun, sudah saatnya si kecil diberi makan 3 kali sehari dan bisa juga dengan memberikan camilan di saat sebelum maupun sesudah makan. Anda juga dapat mencoba untuk memperkenalkan makanan padat seperti yang dikonsumsi orang dewasa. Namun, berbagai macam makanan padat tersebut perlu diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan bayi Anda.

Oleh karena itu, Anda harus memotong makanan dalam ukuran kecil atau bila perlu dicincang. Anda bisa memberi makanan yang bermacam-macam kepada si kecil. Semakin banyak variasinya, maka juga akan semakin baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi Anda. Susu sapi dan madu bisa diberikan bila bayi sudah berusia satu tahun lebih. Apabila dalam keluarga Anda mempunyai riwayat alergi, Anda harus teliti dalam memilih makanan yang tepat untuk bayi Anda.

Berbagai Macam Daging Untuk Makanan Bayi 1 Tahun yang Disarankan

Walau sebenarnya tidak ada ketentuan tentang makanan bayi yang sudah berusia 1 tahun, Anda tetap perlu memerhatikan kandungan nutrisinya. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa makanan yang bisa Anda berikan pada si kecil;

-Daging ayam

Kelebihan dari daging ayam terdapat pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit daripada daging merah. Namun sebaliknya dengan kulit ayam sebab bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak bila dibandingkan dengan jenis daging yang lain.

-Daging merah

Bahan makanan yang kaya akan zat besi ini sangat penting untuk pertumbuhan bayi usia 1tahun. Selain itu, zat besi dalam daging merah  juga lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa memberikan daging merah pada bayi Anda yang berusia 1 tahun sebanyak 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

-Ikan

Nutrisi yang terkandung dalam ikan antara lain yaitu protein rendah lemak dan mengandung kalsium, selenium, dan magnesium. Ikan memang cukup baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Misalnya saja yaitu salmon yang mengandung lemak esensial yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak.

Berbagai Jenis Sayuran Untuk Makanan Bayi 1 Tahun Yang Dianjurkan

Setelah tadi saya sampaikan mengenai bahan makanan untuk bayi berupa daging, kali ini saya juga akan menyampaikan beberapa bahan makanan berupa sayuran yang baik untuk bayi usia 1 tahun;

-Wortel

Wortel mengandung banyak betakaroten yang kemudian akan diproses oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang nanti akan bertanggung jawab terhadap kesehatan mata si kecil.

-Sayuran Berwana Terang

Sayuran dengan warna yang terang umumnya mengandung banyak  fitokimia yang berperan mencegah berbagai jenis penyakit, misalnya saja penyakit jantung koroner dan kanker.

-Tomat

Sayuran ini mengandung salah satu pigmen antioksidan yang bisa  mencegah kanker dan penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut biasa disebut dengan likopen.

Tidak perlu untuk memaksa bayi Anda agar ia mau untuk memakan makanan yang seimbang. Sebab, semakin keras Anda menyuruh dia untuk makan, maka semakin kecil pula kemauan si kecil untuk mematuhi Anda. Si kecil  tentu akan mencontoh pola makan orang tua. Oleh sebab itu, pola makan orang tua juga perlu teratur. Anda bisa mengajak ia untuk makan bersama keluarga. Disamping itu, pastikan yang dikonsumsi si kecil sama dengan yang dikonsumsi orang tua. Hal yang paling penting adalah Anda harus memberikan makanan bayi 1 tahun pada si kecil dengan tepat agar ia bisa selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan