Bagaimana Merancang Planning Bisnis yang Tepat

bisnis

Kebanyakan orang,mengambil resiko dengan terjun langsung untuk memulai bisnis mereka tanpa adanya perencanaan yang matang. Bagi pebisnis pemula, hal ini harus dihindari karena akan berdampak buruk untuk bisnis Anda ke depannya. Rencana yang matang akan membuat bisnis atau usaha Anda menjadi lebih terarah pada satu tujuan yang ingin Anda capai. Anda harus merancang planning bisnis dengan sangat cermat dan teliti. Nantinya rancangan yang dibuat akan membantu memudahkan bisnis Anda ke depannya.

Bagaimana merancang planning bisnis yang tepat? Berikut ini merupakan cara merancang planning bisnis dengan tepat, antara lain:

  • Executive Summary

Ini merupakan deskripsi ringkas tentang apa yang akan dibuat untuk bisnis Anda. Dari mulai merasakan menjelaskan aspek inovasinya, visi misi, sampai dengan mengapa bisnis Anda diproyeksikan akan berhasil.

  • Latar Belakang dan Visi Misi

Biasanya latar belakang ini dibuat berdasarkan fenomena-fenomena yang terjadi saat ini. Visi misi jelas sangat penting diperhatikan ketika akan membuat sebuah rancangan. Tanpa adanya visi misi, planning bisnis yang akan dibuat tidak akan sempurna.

  • Konsep Bisnis Umum

Konsep bisnis umum menjelaskan konsep ide atau bisnis secara keseluruhan sebagai pendahuluan,sebelum memasuki konsep-konsep yang lebih detail.

  • Analisis Produk

Analisis produk menjelaskan secara detail jasa atau produk yang akanditawarkan dalam bisnis Anda.Menjelaskan secara spesifik apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

  • Analisis Pasar

Analisis pasar menjelaskan bagaimana dinamika pasar yang akan dituju untuk menjadi sasaran utama dari bisnis yang akan Anda ajukan. Menganalisis kompetitor yang menjadi pembanding usaha yang akan Anda jalani. Serta strategi pemasaran yang harus dibuat secara efektif.

  • Analisis Operasional

Analisis operasional menjelaskan tentang proses apa saja yang akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan bisnis Anda. Menjelaskan tentang bahan baku yang digunakan, menjelaskan tentang proses manufaktur, serta menjelaskan mengenai supplier dan distributor.

  • Analisis Sumber Daya Manusia

Analisis SDM menjelaskan tentang keterlibatan manusiaagar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

  • Analisis Keuangan

Analisis keuangan menjelaskan tentang dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, serta proyeksi dana tiap tahunnya agar data keuangan menjadi jelas.

Jadi, jika Anda sudah siap untuk merancang planning bisnis untuk bisnis atau usaha Anda. Maka segera Anda rancang semuanya dengan sebaik mungkin, agar bisnis atau usaha yang akan Anda jalani berjalan sesuai dengan tujuan serta keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan