Asyiknya Liburan Ke Ciater Bandung

Sari Ater atau Ciater terletak di kabupaten Subang Jawa Barat .Tempat wisata Bandung yang terkenal dengan pemandian air panasnya ini tidah jauh dari Gunung Tangkuban Perahu .Semula daerah pemandian ini hanya kawasan hutan yang penuh dengan pohon Ater yang dianggap angker oleh masyarakat setempa .

Konon pada tahun 1960-an seorang yang bernama mbah Ebos memulai membuka lahan tersebut sedikit demi sedikit .Daerah yang tadinya berupa hutan tersebut perlahan-lahan berubah menjadi sebuah pemukiman dan diberi nama Ciater oleh warga setempat .Dari sejarah tersebut terlahirlah cikal bakal nama Ciater yang sekarang banyak diketahui orang sebagai pemandian air panas di daerah Subang.

Potensi air panas Ciater mulai populer menjadi sebuah objek wisata sekitar pada tahun 1970-an dan telah dimanfaatkan pemerintah Subang untuk mengembangkan wisata air panas tersebut.

Air panas di Ciater ini memiliki kandungan chloride, magnesium, sulfat, kalsium, thermo, hyperthermia, mineral dengan kadar yang lumayan cukup tinggi yaitu 38 equiv persen ,juga memiliki tingkat ke asaman ph 2,45 .Air panas di Ciater memiliki khasiat untuk menyembuhkan rematik dan penyakit kulit.

Pemandian air panas Ciater Subang ini sudah sangat terkenal tidak hanya untuk wisatawan lokal,namun banyak juga pengunjung asing yang datang ke pemandian Ciater dengan membawa rombongan keluarga atau perorangan.Sekitar 50 ribu lebih pengunjung setiap harinya datang ke pemandian ini.Tentu saja ini memberikan dampak positif bagi kepariwisata Jawa Barat.

Ciater tidak hanya menawarkan pemandian air panas saja ,tapi ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan di di Ciater dia antaranya bersepeda,memancing,arung jeram,berkuda,tenis,basket,volley,mini golf dan masih banyak lagi kegiatan yang menyenangkan lainnya.

Wisata kuliner juga tidak kalah mengasikan di Ciater Subang ini .Sop dan sate kelinci menjadi salah satu menu yang sudah banyak di kenal di daerah tersebut .Tidak akan sulit untuk mendapatkannya.

Jarak tempuh dari kota Bandung menuju pemandian Ciater sekitar 30 km dan memakan waktu 30 menit untuk sampai tujuan dan bila anda sedan menikmati panorama wisata lembang,anda hanya butuh sekitar 15 menit dari tempat tersebut.sedangkan jarak dari GunungTangkuban Perahu sekitar 8 km.

Jika menempuh menggunakan angkutan umum dari Bandung ada hanya perlu ke terminal ledeng,lalu dari terminal tersebut naik angkot jurusan Ledeng-Lembang-Subang dan turun di Jalan Cagak kecamatan Ciater.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan