Asyiknya Berwisata ke Pantai Samas Kabupaten Bantul

0
905

Provinsi Yogyakarta kota budaya dan kota wisata yang mempunyai beragam tempat wisata menarik yang sering menyedot para wisatawan yang senang dengan petualangan untuk datang ke kota pelajar. Hampir semua daerah di provinsi ini mempunyai daya tarik tersendiri yang masing-masing mempunyai keunikan dan karakter tempat untuk lebih ditelusuri lebih dalam lagi. Ingin menjelajah wisata budayanya atau menjelajah wisata alamnya tinggal kita pilih mana yang paling menarik. Contohnya jika kita memutuskan untuk memilih wisata alam di Yogya dengan nuansa perairan laut, bisa coba berkunjung ke salah satu pantai yang terletak di Yogya yang terletak di Kabupaten Bantul yaitu Pantai Samas. Pantai Samas ini merupakan salah satu pantai yang indah yang dimiliki Yogya yang tidak kalah populernya dengan Pantai Parangtritis. Bila kita berwisata ke daerah Bantul, Yogyakarta,mengunjungi Pantai Samas ini harus menjadi agenda wajib tujuan wisata dan sayang sekali kalau dilewatkan.

Pantai Samas terkenal akan keindahan pasir di sepanjang bibir pantainya yang akan membuat kita merasa terpukau dan enjoy berada di pantai menawan ini. Pantai Samas ini juga memiliki sebuah mercusuar dan jika berminat kita bisa menaiki bangunan mercusuar ini. Mercusuar ini bernama Mercusuar Patehan yang jika kita menaikinya akan melihat pemandangan laut Pantai Samas yang terbentang dan terhampar begitu luas. Pantai menawan ini terletak di sebuah daerah di Kabupaten Bantul, yaitu Desa Srigading, Kec. Sanden. Jarak tempat wisata ini dari Kota Yogyakarta sekitar 35 kilometer sedangkan dari Kota Bantul jaraknya sekitar 14 kilometer ke arah selatan.

Perjalanan wisata ke Pantai Samas ini akan terasa menyenangkan karena di sepanjang perjalanan menuju kawasan wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan seperti melihat deretan pohon kelapa di tepi jalan yang berjajar rapi juga bentangan dan hamparan sawah yang menghijau yag akan menyejukan pandangan mata kita.

Pantainya yang berangin kencang dan berombak besar menjadikan salah satu ciri khas yang dikenal dari Pantai Samas. Terdapat juga aliran-aliran sungai dan juga danau air tawar yang biasa digunakan para nelayan setempat untuk mengembangbiakan ikan dan udang galah. Bibir Pantai Samas memang sedikit agak curam dan para pengunjung yang berniat mandi di Pantai Samas ini harus ekstra hati-hati karena tempatnya yang sedikit berbahaya tersebut.

Fasilitas kawasan wisata Pantai Samas yang lengkap membuat pengunjung merasa mudah untuk mendapatkan kebutuhan yang diperlukan saat berwisata ke tempat menarik ini. Fasilitas yang terdapat di Pantai Samas tersebut antara lain MCK, tempat parkir kendaraan, pondok penginapan, restoran, mushola, dan masih banyak lagi.

Hal lain yang menarik dan unik yang dapat kita saksikan dan jumpai di Pantai Samas ini adalah terdapatnya usaha pemeliharaan udang dan ikan yang dikelola oleh Sub Dinas Perikanan Pemda setempat. Bukan hanya itu saja ,masih ada hal unik lain yang bisa kita jumpai di tempat ini yaitu seringnya dilakukan upacara adat yang digelar di Pantai Samas ini saat idul fitri atau waktu liburan oleh masyarakat setempat seperti Upacara Kirab Tumuruning, dan upacara adat lainnya yang pasti unik dan menarik.

Anda semua wajib mencoba untuk mengunjungi dan berwisata ke Pantai Samas ini karena Anda akan merasa fresh dan merasakan suasana baru yang lebih bersemangat lagi untuk memulai rutunitas pekerjaan sehari-hari jika Anda telah berwisata ke Pantai yang indah ini.