Asyiknya Berenang di Pemandian Patemon Tanggul

0
1318

Tempat wisata dinegeri ini begitu beraneka ragam dan tersebar luas dan tidak akan pernah membuat bosan para wisatawan yang berpetualang mengunjungi berbagai tempat wisata adalah hobinya. Satu diantaranya yang menawarkan nuansa lain saat berwisata adalah bila kita mengunjungi sebuah tempat wisata yang berada di Kota Jember, Jawa Timur yaitu Pemandian Patemon Tanggul. Objek wisata yang termasuk ke dalam wisata alam ini adalah sebuah pemandian alam dengan perpaduan antara pemandangan alamnya yang indah dan segarnya air yang sumber airnya berasal dari mata air lereng pegunungan Argopuro. Berwisata ke Pemandian Patemon Tanggul ini wajib untuk dicoba untuk merasakan sensasi petualangan baru. Pemandian Patemon Tanggul ini terletahk di sebelah barat Kota Jember dengan jarak sekitar 30 kilometer.

Objek wisata Pemandian Patemon Tanggul memiliki luas lahan sekitar 4,5 hektare dan memiliki suhu rata-rata 28 – 340C, suhu yang tergolong lumayan sejuk. Kawasan wisata ini berada di ketinggian sekitar 500 meter dpl dan secara administratif tempat wisata ini berada di Kec. Tanggul, Kab. Jember, Provinsi Jawa Timur.

Fasilitas yang terdapat di objek wisata Pemandian Patemon Tanggul sudah cukup lengkap dan representatif. Pemandian Patemon Tanggul saat ini juga sudah dilengkapi dengan kolam berfasilitas waterboom sehingga akan lebih mengasyikan. Kolam-kolamnya terbagi menjadi beberapa bagian yaitu kolam untuk anak-anak dan kolam untuk orang dewasa. Selain fasilitas waterboom yang merupakan fasilitas baru, di objek wisata Pemandian Patemon tanggul ini untuk kolam-kolam lamanyapun sudah selesai diperbaiki sehingga membuat tempat wisata ini lebih lebih nyaman lagi dan membuat pengunjung ke tempat wisata ini semakin banyak saja. Kita yang merasakan kejenuhan akibat pekerjaan yang tak kunjung selesai akan merasakan pikiran yang rileks dan segar karena suasana ceria yang selalu tercipta saat mengunjungi tempat ini. Menyantap makanan bersama yang dibawa dari rumah bersama keluarga dan rekan akan meciptakan moment indah tersendiri yang akan menjadi kenang-kenangan indah yang akan selalu terkenang.

Keindahan panorama tempat wisata Pemandian Patemon Tanggul memang tidak bisa dipungkiri. Tetapi ada satu legenda yang tersimpan di balik keindahan tempat wisata ini yang sudah menjadi perbincangan masyarakat sekitar khususnya. Legenda unik tersebut adalah mengenai pertemuan seorang Dewi dengan seorang Pangeran. Dewi yang dikisahkan dalam legenda ini bernama Dewi Rengganis. Dikisahkan bahwa mereka bertemu saat sang Dewi sedang berendam di dalam kolam. Kisahpun berlanjut sampai mereka berdua menikah dan hidup bahagia berdua selamanya. Masyarakat sekitar yang percaya dengan kisah ini mempercayai bahwa jika ada sepasang pengantin baru yang berendam di kolam tersebut dan tidak melepaskan baju pengantinnya dipercaya pernikahannya akan selalu bahagia dan bertahan hingga maut memisahkan. Dengan segala bumbu yang mewarnai objek wisata ini menjadikan Anda untuk berkunjung ke tempat wisata ini karena rasa puas dan senang itulah efek yang akan Anda rasakan.