Asal Muasal Candi Prambanan Yogyakarta

0
407

Pada zaman dahulu di pengging ada sebuah kerajaan yang mempunyai seorang putra yang bernama joko bandung. Seperti halnya ayahnya joko bandung merupakan pria yang perkasa dengan beberapa ilmu yang di milikinya. Joko bandung memang tipikal orang yang suka berguru dengan pertapa sakti jadi wajar saja ilmunya melebihi ayahnya sendiri. Raja boko merupakan raja yang terdapat di sebuah prambanan. Beliau pun juga memiliki seorang putri yang bernama roro jongkrang yang mempunyai paras cantik dan anggun. Sebagian besar orang menganggap bahwa raja boko adalah keturunan raksasa karena mempunyai badan yang besar.

Ketika joko bandung melihat perempuan cantik di sebuah istana, joko bandung pun langsung jatuh cinta dan ingin menjadikannya sebagai seorang istri. Namun, Seseorang yang ingin dia jadikan sebagai seorang istri bernama roro jongkrang yang merupakan putri dari raja boko yang telah di bunuhnya. Keinginnannya pun di elak oleh roro jongkrang karena dia tahu bahwa yang membunuh ayahnya adalah seorang pemuda yang bernama joko bandung. Secara halus roro jongkrang tidak berani untuk menolak cintanya, tetapi roro jongkrang memberikan syarat kepada joko bandung untuk membuatkan seribu candi dan dua buah sumur jika ingin menjadikannya sebagai seorang istri.

Namun di luar dugaan joko bandung pun menyanggupi keinginan roro jongkrang yang menurutnya tidak mungkin dapat memenuhi keinginannya ini. Mahluk halus pun di mintanya bantuan oleh joko bandung untuk menyelesaikan pekerjaannya itu. Setelah matahari terbenam, dengan kerja keras yang di lakukanjoko bandung dan para mahluk halus, satu persatu pun candi sudah mendekati penyelesaian. Ketika melihat kejadian itu roro jongkrang pun langsung meminta bantuan dengan membangunkan para gadis desa untuk menumbuk padi sambil memukulkan halunya pada lesung. Hal tersebut tentu saja membuat ayam berkokok dan disangkanya matahari sudah mulai terbit walaupun hanya tinggal satu candi yang belum selesai.

Permintaan roro jongkrang pun tidak dapat terpenuhi oleh joko bandung. Melihat kejadian tersebut joko bandung pun sangat marah dan kecewa oleh tipu daya dan muslihat yang di lakukan oleh roro jongkrang. Seketika joko bandung mendekati roro jongkang seraya berkata “ kalau kau tidak mau menikah denganku ? jangan coba – coba untuk mengelabuiku, kau ini keras seperti batu”. Dengan seketika roro jongkrang menjadi sebuah arca batu besar. Demikian pula para gadis desa pun tidak laku sebelum mencapai usia tua karena terkena kutukannya. Oleh karena, candi yang di buat para mahluk halus kurang satu dan belum mencapai seribu sehingga di sebut candi sewu yang berada dekat dengan candi roro jongkrang. Candi roro jongkrang pun juga di sebut pula sebagai candi prambanan yogyakarta.

Itulah asal usul mengenai candi prambanan yogyakarta.