Apakah Asuransi Jiwa Bermanfaat?

0
95

Pasti anda pernah mendengar asuransi, namun apakah anda tahu secara detail menganai asuransi, terutama asuransi jiwa? Sebenarnya apakah asuransi itu, konsep seperti apa yang digunakan oleh asuransi? Banyak orang yang merasa kecewa dan merasa rugi karena asuransi, padahal hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman terkait asuransi itu sendiri. Dalam sebuah akad asuransi, terdapat perjanjian antar kedua belah pihak. Anda harus memahami betul hak dan kewajiban anda sebelum anda mengambil asuransi. Hal ini kerap dilakukan oleh orang-orang sehingga mereka merasa tidak mendapatkan manfaat apapun dari asuransi, tidak ada bedanya ketika memiliki asuransi dan ketika tidak memiliki asuransi. Maka banyak yang keluar dari asuransi dan tidak menggunakan asuransi apapun. Padahal jika anda memahami dengan baik dengan apa yang dimaksud dengan asuransi, anda tidak akan pernah merasa rugi sedikit pun.

Asuransi jiwa merupakan satu dari sekian banyak jenis asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Walaupun menjadi asuransi yang banyak digunakan, namun hanya sebagian yang mengerti dengan baik terkait asuransi. Asuransi ini adalah salah satu layanan asuransi yang digunakan untuk melindungi anda dan keluarga dari kerugian finansial akibat kecelakaan atau pun kematian. Ketika anda mengalami kecelakaan dan kecelakaan tersebut menyebabkan cacat permanen sehingga anda tidak dapat bekerja, maka asuransi dapat memberikan bantuan finansial bagi anda dan keluarga. Begitu juga ketika mengalami kematian yang mana keluarga yang ditinggalkan tidak hanya kehilangan orang yang dicintai, namun juga kehilangan tulang punggung keluarga. Dengan asuransi, anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan perekonomian keluarga karena keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi.

Untuk menghindari hal-hal seperti di atas, asuransi jiwa merupakan solusi yang tepat. Tentu anda tidak dapat berpangku tangan kepada keluarga atau teman terlalu lama. Pada awal-awal mungkin anda masih dapat meminta bantuan dari orang terdekat, namun ketika sudah terlalu lama tentu anda juga akan merasa tidak enak karena orang-orang yang anda mintai bantuan juga memiliki kebutuhannya masing-masing. Asuransi dapat membantu anda dan keluarga untuk mengatasi guncangan finansial. Tidak ada yang tahu kapan kesulitan ekonomi pada keluarga anda berlangsung, bisa saja hanya beberapa bulan, namun juga ada kemungkinan kondisi tersebut berlangsung selamanya. Maka dari itulah untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mulai menggunakan asuransi.

Memang musibah tidak terus-menerus terjadi pada satu orang. Namun juga tidak ada yang tahu kapan musibah tersebut akan datang menghampiri. Oleh sebab itulah alangkah baiknya sudah merencanakan berbagai macam hal, termasuk menggunakan asuransi untuk mencegah hal buruk yang sudah terjadi menjadi semakin buruk. Asuransi jiwa menjadi semacam jaminan untuk anda dan keluarga ketika di masa depan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Walaupun begitu, masih banyak orang yang meremehkan hal-hal ini, musibah memang jarang datang namun ketika datang maka musibah tidak akan memandang bulu. Setiap orang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan musibah. Bisa saja musibah datang menghampiri orang-orang yang tidak memiliki asuransi, tapi malah tidak mendatangi orang-orang yang memiliki asuransi.

Sama seperti jenis asuransi lainnya, asuransi jiwa juga memiliki manfaat besar bagi anda dan keluarga, berikut adalah diantaranya.

Menenangkan hati dan pikiran

Kehilangan anda sebagai tulang punggung keluarga tidak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan teman yang ditinggalkan. Namun hal tersebut membawa dampak besar terhadap perekonomian keluarga seperti yang telah disebutkan di atas. Untuk mengurangi dampak tersebut atau bahkan menghilangkan resiko tersebut anda bisa menggunakan asuransi. Adanya asuransi dapat menjamin keberlangsungan perekonomian keluarga anda.

Menjamin pendidikan

Setiap tahun biaya pendidikan terus naik, mulai dari TK hingga universitas. Jika dihitung, setidaknya anak akan menempuh pendidikan hingga ia berusia 25 tahun. Dan ketika anak mencapai umur segitu apakah anda masih aktif bekerja? Adanya asuransi dapat membantu anda untuk memenuhi biaya pendidikan yang dibutuhkan oleh anak karena anda dapat mengambil premi-premi yang anda bayarkan setiap bulannya, tentu saja dengan ketentuan tertenu dari perusahaan asuransi.

Menjadi tabungan darurat

Seperti di poin atas, bahwa premi-premi yang anda bayarkan setiap bulannya pada pihak asuransi dapat anda ambil dengan persyaratan dan ketentuan khusus. Hal ini dapat menjadi salah satu tabungan tambahan yang bisa anda gunakan ketika terjadi hal darurat ketika tabungan utama anda di bank tidak mencukupi. Bahkan beberapa perusahaan asuransi hanya memperbolehkan nasabahnya mengambil premi tersebut ketika sudah membayar premi hingga tahun tertentu. Bisa anda bayangkan berapa banyak premi yang anda tabung ketika anda baru mengambilnya 10 hingga 20 tahun kemudian. Walaupun jumlah dana yang dapat anda tarik tidak 100% karena adanya potongan-potongan tertentu, akan tetapi dana tersebut dapat membantu meringankan biaya yang harus anda keluarkan.