Apa Itu Pillow Block Bearing? Bearing Yang Dilengkapi Dengan Dudukan

0
14

Bearing merupakan sebuah komponen yang biasanya digunakan untuk sebuah mesin. Dengan keberadaan bearing inilah maka fungsi dalam mesin juga semakin bagus. Bearing yang ada di pasaran ini ada berbagai macam jenis. Seperti yang banyak digunakan adalah pillow block bearing. Jenis bearing yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis lainnya. 

Untuk lebih jelasnya mengenai block bearing ini, anda bisa langsung menyimak penjelasan dibawah ini. 

Apa itu pillow blocks bearings? 

Pillow blocks bearings merupakan sebuah bantalan dimana akan mendukung kerja poros dengan memanfaatkan bearings. Seperti  yang sudah dijelaskan sebelumnya, block bearing ini ternyata dilengkapi dengan dudukan sehingga ketika anda membeli bearing ini, anda tidak perlu membelinya secara terpisah. 

Material yang digunakan sebagai kerangka mesin untuk pillow block ini bisa terbuat daric or besi ataupun cor baja. Fungsi dari bantalan ini adalah digunakan untuk menampung bantalan dengan beban yang rendah. Jenis bearing ini juga terdiri dari dua benda utama yakni pada bagian bantalan statis dan bagian dalam yang mempunyai cincin berputar dimana dapat menahan beban agar bisa tetap berada di posisinya. 

Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menganggap apabila pillow block bearing ini sama dengan plumber block bearing dimana sebagai benda. Padahal sebenarnya kedua komponen ini sangatlah berbeda dimana baik dari segi desain hingga fungsinya. Hal ini tidak lain karena biasanya jenis bantalan yang satu ini akan dipasang dengan cara dibautkan ke sebuah pondasi sebagai pengamannya. 

Poros dan cincinya bisa berputar dengan bebas, proses instalasi dari block bearing ini juga lebih mudah bahkan tidak membutuhkan skill khusus. Pengguna biasanya hanya tinggal memasang pada sebuah pondasi dengan kuat maka langsung bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. 

Proses instalasi block bearing yang mudah 

Pillow block bearing biasanya akan dipasang di lingkungan yang relative bersih. Tak hanya itu saja, block bearing juga ada yang dibuat menjadi satu kesatuan dan ada pula yang dibuat dengan adanya tutup dibagian atas yang bisa dibuka sehingga bearing yang terdapat didalamnya bisa anda lepas dengan mudah. 

Penerapan block bearing ini ternyata juga tidak hanya digunakan untuk peralatan rumah tangga saja tetapi juga sudah digunakan untuk mesin-mesin industry berat. Sebagai contohnya digunakan untuk mesin berat di dunia pertambangan dan manufaktur. Bukan hanya itu saja, block bearing ini juga sangat mudah untuk anda rawat . 

Hal ini tidak lain karena bahan atau material yang digunakan merupakan cor besi ataupun cor baja dengan jenis chrominium dengan standar 52100. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari pillow block bearing ini. 

Manfaat pillow block bearing

  1. Pillow block bearing bisa mengurangi terjadinya gesekan antara as dan rumahnya dengan demikian fungsi bearing akan tetap baik. 
  2. Bisa membantu as dan rumah bearing tidak menjadi aus karena tidak adanya gesekan langsung
  3. Bisa mempermudah proses pemeliharaan peralatan yang berputar
  4. Selain itu, pekerjaan anda juga bisa lebih efektif karena mesin dilengkapi dengan bearing yang mampu meningkatkan performa mesin. 

Demikian sekilas mengenai pillow block bearing. Salah satu jenis bearing yang akan mendukung kerja poros dengan menggunakan bantuan bantalan. Untuk anda yang sedang mencari bearing, anda tidak perlu khawatir karena anda sudah bisa menemukan dengan mudah penyedia bearing ini seperti logam-makmur.com