Air Terjun Dua Warna, Tempat Wisata yang Menawarkan Petualangan Alam Sesungguhnya

0
1066

Air Terjun Danau Warna merupakan salah satu objek wisata alam yang menampilkan keindahan panorama air terjun yang cukup mempesona. Air terjun yang layak dikunjungi ini terletak di Desa Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Menurut berita air terjun ini terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak ratusan tahun yang lalu. Air terjun ini berasal dari sumber air yang berhulu di Sungai Sinembah 1 dengan ketinggian air terjun ini yang mencapai sekitar 75 meter. Mengunjungi dan berada di Air Terjun Dua Warna ini akan disapa dengan udara yang sangat begitu sejuk karena Air Terjun dua warna ini terletak di daerah dataran tinggi yaitu berada di ketinggian 1475 meter dpl.

Air terjun ini diberi nama Air terjun Dua Warna karena memang terdapat dua air terjun dengan dua warna air berbeda yang dialirkan. Air terjun yang pertama berwarna biru dengan bagian tebingnya banyak ditumbuhi oleh lumut yang berwarna hijau alami. Bila anda mencoba air pada air terjun pertama ini, akan terasa bahwa air terjun ini sangat dingin. Sedangkan untuk air terjun kedua di Air Terjun Dua Warna ini berwarna putih bening dan bila di sentuh air pada air terjun kedua ini akan terasa lebih hangat. Antara air terjun yang pertama dengan air terjun yang kedua dipisahkan oleh beberapa air terjun dengan aliran air yang terbilangkecil.

Mengapa air terjun ini ada yang berwarna biru sampai saat ini memang belum diketahui dengan pasti. Ada yang menyebutkan bahwa air terjun di Air Terjun Dua Warna ini salah satunya berwarna biru akibat curahan air yang dilemparkan berasal dari tempat yang cukup tinggi yaitu sekitar 100 meter. Namun yang pasti lokasi air terjun ini menjadi lokasi favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh orang banyak terutama bagi mereka para pecinta alam yang suka akan petualangan dan tantangan.

Air terjun ini juga merupakan air terjun yang airnya dialiri oleh belerang (sulfur) yang menyatu dengan resapan air hutan. Air terjun ini mengandung belerang karena seperti sudah dijelaskan di atas bahwa air terjun ini berasal dari letusan Gunung Sibayak pada beberapa masa yang lalu. Walaupun air terjun ini tampak sangat begitu menggoda dan tidak mengeluarkan bau belerang namun jangan sekali-kali anda untuk mencoba meminum airnya untuk mencegah dampak buruk yang mungkin ditimbulkan jika meminum air sungai ini. Tempat ini sangat menawarkan petualangan di alam yang sesungguhnya dan sangat cocok bagi anda yang senang melakukan kegiatan bercamping. Melakukan kegiatan menarik tersebut di sekitar Air Terjun Dua Warna ini pastinya akan menawarkan sensasi yang sungguh luar biasa.