3 Wisata Murah Meriah di Jakarta

Liburan di Jakarta tidak harus mahal. Ya, inilah yang saya rasakan ketika menghabiskan masa liburan di ibukota Negara Indonesia tersebut. Meski orang-orang bilang bahwa saya adalah anak daerah yang berasal dari Semarang tapi bisa juga menginjakkan kaki di kota terbesar di Indonesia.

 

Berbekal tekad dan dana pas-pasan, saya merencanakan liburan kali ke Jakarta. Selain untuk bertemu teman lama, inilah kali pertama saya ke Jakarta. Berbagai hal dipersiapkan sebelum keberangkatan, termasuk tiket pesawat. Tadinya ingin menggunakan kereta api Kelas Eksekutif, tetapi setelah melakukan pencarian di Traveloka.com, ternyata harga tiket Sriwijaya Air tidak jauh berbeda dengan harga tiket kereta api tersebut. Oleh karena ini pengalaman pertama, saya memutuskan untuk mengambil jalur udara sebagai pengalaman pertama juga. Selain waktu perjalanannya singkat, saya juga mendapatkan tiket yang tebilang terjangkau.

 

Sesampainya di Jakarta, saya pun terkaget melihat gedung-gedung pencakar langit yang memang adanya, saya melihatnya langsung, tidak hanya melalui layar televisi. Namun, dalam hati saya berbicara, “Dengan kondisi seperti ini, liburan di Jakarta bisa jadi mahal ya.” Mungkin melihat guratan kecemasan di wajah saya, teman saya pun menenangkan hati dan pikiran sejenak, “Tenang saja, aku akan bawa kamu jalan-jalan ke tempat-tempat asik tetapi murah, bahkan gratis di Jakarta.” Kata-katanya membuat saya melamun dan masih adakah tempat gratis tersebut di Jakarta karena ini adalah kota metropolitan yang dimiliki Indonesia.

 

Sesuai janji teman saya, dia memang membawa saya ke tempat-tempat menarik dan gratis sesuai dengan budget. Ya, mungkin bagi sebagian orang tempat-tempat ini biasa saja tetapi banyak aktivitas yang dilakukan warga Jakarta di tempat ini. Ya, inilah tempat wisata taman kota yang tidak kalah menarik dengan wisata lainnya di ibukota dan taman tersebut kerap kali ramai dikunjungi pada akhir pekan. Yuk, kita perjalanan saya mengunjungi tiga taman kota di Jakarta berikut.

 

Taman Suropati

 

Taman  ini termasuk yang paling ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Apalagi pada malam Minggu di mana akan banyak motor terparkir di sisi jalan dekat taman, sehingga membuat arus lalu lintas sedikit tersendat. Lokasinya berada di anatara Jalan Imam Bonjol dan Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul dan pagelaran musik yang diadakan oleh Komunitas Suropati Art. Diantara mereka ada juga yang masih belajar musik, ada juga yang Jadi, sambil bersantai dan mencicipi aneka makanan kaki lima, pengunjung akan mendengarkan alunan musik Taman Suropati.
Taman Menteng

 

Tidak jauh dari Taman Suropati, tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Taman Menteng juga menjadi favorit traveler yang mengicar wisata gratis akhir pekan di Jakarta. Taman ini ramai dikunjungi untuk sekedar berkumpul bersama teman-teman, berwisata kuliner atau juga berolahraga. Taman ini cukup asri sebab dibuat untuk menjadi Ruang Terbuka Hijau dan sarana rekreasi di Jakarta dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Menariknya, di taman ini terdapat bangunan rumah kaca untuk tanaman hias, yang digunakan sebagai ruang pameran dan acara lainnya.

 

Taman Ayodya

 

Untuk taman yang satu ini ramai dikunjungi pasangan muda-mudi. Lokasinya di kawasan Barito, Jakarta Selatan dan diramaikan juga dengan pedagang kaki lima yang berjualan, terutama santapan Gulai Tikungan yang dikenal dengan Gultik yang tersebar di kawasan Blok M sampai Barito atau juga ditemukan dekat gereja di samping taman ini. Suasana malam di tempat juga akan semakin meriah dengan iringan musisi jalnan yang senantiasa melantunkan lagu-lagu yang menghibur Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan